#TAYTB Fest, bikin Milenial Melek Finansial

#TAYTBFEST2019

“Bila kamu mendapatkan masalah, berterima kasih-lah”


Sepenggal kalimat dari salah satu narasumber yang ada di #TAYTB Festival kemarin (31/10) tentang bagaimana kita harus menghadapi setiap masalah yang ada dengan tenang. Kalimat itu beneran membuat hati mami menangis. 

Setiap masalah dalam hidup memang harus kita hadapi terlebih masalah finansial. Masa kita mau menghindar terus, sampai kapan? 


Beruntungnya mami, kemarin (31/10) bisa datang ke #TAYTBFest ini. TAYTB Fest merupakan singkatan dari Tidak Ada Yang Tidak Bisa Festival. Festival Literasi keuangan yang dikemas epik ala kaum milenial oleh bank OCBC NISP. Kegiatan yang bertajuk “Acara Kekinian yang Bikin Cuan” ini diselenggarakan mulai tanggal 31 oktober – 3 November di The Tribrata, Darmawangsa. Menghadirkan sembilan instalasi edukasi yang instagramable dan 70 tokoh inspiratif Indonesia dalam 40 seminar kelas. #TAYTBFest mengajak generasi muda Indonesia untuk merdeka finansial sejak muda agar dapat meraih aspirasinya. 

#TAYTBFEST2019
The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta
Selama ini kalau mami datang ke event literasi keuangan pasti deh selalu terkesan serius, tapi tidak untuk event yang satu ini. Semuanya dikemas epic dan instagramable, bikin mami betah lama – lama di sini. 

Instalasi Edukasi yang Instagramable 

#TAYTBFEST2019
88 cuan maneki neko

Bila kalian masuk pertama kali ke dalam lokasi ini, kita akan dimanjakan oleh 88 cuan cats maneki-neko. Tau kan, yang bentuknya kucing gitu? 

Konon katanya, bila kita menyimpan maneki-neko di etalase usaha kita, maka akan mendapatkan kemakmuran, keberuntungan, dan kekayaan. Nah, berangkat dari konsep tersebut, #TAYTBFest membuat instalasi 88 Maneki Neko yang memiliki tujuan untuk mendoakan agar para generasi muda Indonesia bisa merdeka finansial sejak dini. Karena menurut riset, 63,4 juta milenial Indonesia masih menghabiskan 72% dari pendapatan mereka untuk mencukupi kebutuhkan lifestyle yang beberapa alasannya hanya untuk memuaskan gengsi semata. 

#TAYTBFEST2019

Masuk lebih dalam lagi, kita dikenalkan dengan “dinding dosa”. Di sini kita bisa menuliskan dosa keuangan apa saja yang telah kita lakukan selama ini kemudian ditempelkan di dinding. Hmmm.. dosa keuangan mami? Beli tas branded! 

Lalu, mami diajak menelurusi “Secukupnya Tunnel”, salah satu dari Instalasi edukasi yang menurut mami keren banget. Karena kita diajak untuk memasuki Lorong digital yang berisi curhatan kaum milenial tentang dosa – dosa finansial mereka. 

#TAYTBFEST
MODEL: Arisman Riyadi

Perjalanan berlanjut menuju hall besar yang memamerkan beberapa instalasi kece, seperti House In The Clouds. kepengen banget tadinya mami foto di sini, tapi karena ada kelas seminar jadilah urung niat. Terus berkunjung ke instalasi Rich Cool Gang, awalnya mami pikir hanya mural biasa aja. ternyata yaaaa.. kita dikasih kacamata kucing “Rachel’s eyes” untuk membaca tulisan tidak terlihat yang ada di setiap mural. Gambar mural mencerminkan dua milenial dengan gaya kehidupan yang berbeda. Satu sisi mencerminkan kehidupan serba mewah tapi memiliki masa depan yang tak pasti, sisi lain mencerminkan kehidupan biasa saja tetapi memiliki masa depan yang pasti. Sangat identik dengan kehidupan masyarakat kita, right? 

#TAYTBFEST2019

#TAYTBFEST2019

Sebenarnya masih ada beberapa instalasi lagi yang ingin mami datangi, sayangnya fokus mami ke kelas seminar yang ada di ruang Nyala Indonesia di 2nd floor. Jadilah skip dulu deh. 


#Nyalakan Indonesia – Saatnya mata Dunia tertuju ke Indonesia 
#TAYTBFEST2019

Di kelas seminar ini, menghadirkan tiga narasumber keren, ada Ibu Parwati Surjaudaja selaku President OCBC NISP, Yayan Ruhian; Martial Aktor International dan Ariel Nayaka seorang Rapper Indonesia berskala global. 

Kelas ini dibuka dengan cuplikan video yang berisi testimoni tentang seberapa jauh kita mengenal sosok berbakat asal Indonesia yang Go Internasional, sebagian besar sih pada jawab nggak tau. Pun kalau mami ditanya seperti itu juga, pasti jawabannya “enggak tau!” :P 

Kita ini katanya mau memajukan bangsa Indonesia di kancah Internasional, tapi beberapa orang berbakat yang sudah Go Internasional saja kita tidak tahu. Miris memang (nujuk ke diri sendiri juga). Jadi, gak salah dong ya masih banyak orang yang ingin Go Internasional tapi dengan usaha sendiri dan kadang gak ada yang dukung. 

Sharing session yang berlangsung selama tiga jam ini, sangat menguras jiwa raga. Kenapa? Karena baik kang Yayan maupun Bro Ariel ini menjelaskan perjalanan hidup mereka yang enggak mudah. Sekarang aja kelihatannya sukses, dibalik semua itu ada perjuangan berat yang telah mereka lalui. 

Mengutip kalimat kang Yayan:
“Setiap masalah yang ada, baiknya dihadapi dengan tenang tidak terburu – buru dan tidak panik. Karena Tuhan pasti memberikan masalah kepada kita karena kita mampu melaluinya” 

Makjleb banget kan… 

Lain hal dengan sepenggal kalimat oleh Ibu Parwati, seperti yang sudah mami tulis di awal:
 “Bila kamu mendapatkan masalah maka ber-terimakasih-lah” 
Sungguh menginspirasi sekali kelas seminar hari ini. Kisah perjuangan mereka itu gak ada setitiknya mami. Kalau sekarang mami lagi mendapatkan masalah finansial terus merengek jadi merasa malu sendiri. Mereka aja berjuang sepenuh hati untuk menghadapi setiap masalah yang ada dengan tegar dan tenang. Lah mami? Duh! 


Bazaar.. Bazaar.. and Bazaar.. di Hype Market #TAYTB Fest 
#TAYTBFEST2019
sale sepatu
Tak lengkap rasanya bila event sebesar ini gak ada bazaar. Apalagi stand – stand bazaar yang terdapat di lantai 1st floor dan 2nd floor menggoda iman banget. Mulai dari sepatu, makeup, tas, baju dan masih banyak lagi. Plus diskon yang ditawarkan gila – gilaan, sayang banget buat dilewatkan. Etapi.. belanjanya jangan berlebihan yak, inget kondisi keuangan. Masa datang ke sini malah menghamburkan uang. Belanja secukupnya aja, iyesh!. 


Last.. 
#TAYTBFEST2019
salah satu instalasi Instagramable #TAYTBFest
Kesan mami ketika hadir di #TAYTBFest, sangat menginspirasi banget. Jadi, semangat untuk menata kembali pos - pos keuangan yang selama ini gak mami gubris. Dan sepertinya bila kita datang ke TAYTB Fest itu rasanya sehari kurang bisa eksplor. Salut sama Bank OCBC NISP yang bisa menyulap event literasi keuangan dari yang “serius” menjadi “fun” dengan sentuhan gaya kaum milenial. 

Nah, buat kamu yang mau dateng, buruan dateng… karena masih ada kesempatan sampai tanggal 3 November 2019 nanti. Yuk, perkaya literasi keuangan kamu dengan “asupan vitamin” oleh speakers yang kompeten di bidangnya. Pst.. enggak usah takut kelaperan juga kalau kita seharian di sini, ada stand makanan yang bisa memenuhi kebutuhan perut kita.


Info lebih lanjut silahkan kunjungi:

No comments

Silahkan tinggalkan komentar kamu, tapi plis banget ya pergunakan bahasa indonesia yang baik dan membangun. Mohon maaf juga harus di moderasi biar gak ada yang spam. Happy Comment ^^~