Tips Merawat Wireless Microphone bagi para Youtuber



Halooo Hanamiers, kamu seorang youtuber alias pemilik akun Youtube plus ingin memaksimalkan diri kalian sebagai vlogger juga dan mempunyai banyak subscriber?, sebagai emak Youtuber en Vlogger, mami mau berbagi tips buat kalian nih Youtuber pemula, yang udah expert melipir dulu yaa~.

Gini, biasanya hal mendasar yang kurang diperhatikan seorang vlogger itu adalah soal kualitas suara. Kalau kualitas video jaman sekarang mah udah banyak mirrorless atau DSLR camera dan gambarnya pasti bagus-bagus. Tapi sayang, kualitas video yang sebegitu bagusnya tidak diiringin audio yang mumpuni sehingga sering diabaikan. Males banget gak sih, pas kalian nonton channel youtube seseorang, videonya oke punya ehh pas denger audionya kaya suara dangdut keliling XD. ogah banget kaannnn~
www.little-himawari.web.id


Nah, daripada bete dan ingin video kalian memiliki kualitas suara maksimal. Kamu bisa membeli wireless microphone. Harga mic wireless sekarang ini bervariasi, mulai dari yang murah sampai mahal. Tinggal Pilih aja microphone yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Kalau sudah di beli, jangan lupa untuk merawatnya ya. Kan sayang dong, bila kita sudah beli terus nyimpannya sembarangan. bisa cepat rusak dan jadi gak maksimal kita menggunakannya. Kalau Kalian masih bingung bagaimana cara merawat wireless microphone yang baik dan benar. Mami mau akan memberikan tips yang oke punya buat kalian yang ingin merawat wireless microphone kesayangan. cekidot~ 
Cara Menyimpan Wireless Microphone yang Benar : 

1. Simpan dalam Wadah Khusus 
Simpan ​wireless microphone dalam wadah khusus, bisa berbentuk kantong atau kotak. Wadah itu, nantinya akan mengurangi guncangan ketika kamu membawa microphone tersebut keluar rumah dan menyimpannya di dalam tas. Bila tidak diberikan tempat yang memadai untuk menyimpan microphone, resikonya bisa tergores atau kabelnya tidak sengaja terputus. kalian tinggal Masukkan mic dalam wadah khusus tersebut, dan noted banget ya gak usah gegayaan beli yang mahal. Yang penting fungsinya bisa melindungi microphone kesayangan kamu yekan. 

2. Jangan simpan sembarang
Di dalam tas, jangan tumpuk wireless microphone ​dan sembarangan nyimpennya bersama dengan benda lain, seperti buku, kacamata, atau tempat pensil. Akibatnya, microphone itu bisa bengkok atau malah putus, jika ditimpa benda berat. Sayang bokk~ udah beli mahal tapi jorok gak bisa nyimpen. Jadi, biar mic kamu tetap fit dan kece badai dalam pengambilan voice, cukup letakkan wadah microphone di dalam saku tas bagian depan dan tidak ada benda lain di dalamnya. Jadi aman yaaa~gak ada drama bengkok-bengkok or rusak. 

Bila di rumah, masukkan microphone ke dalam laci atau lemari. Jangan letakkan sembarangan di atas meja atau di samping tempat tidur. Kalau jatuh? salto-khayang-jungkir balik deh. Apalagi macam mami yang punya anak atau banyak keponakan balita dalam satu waktu yang riwehnya bagai medan perang. Wajib banget tuh di stay away dari mereka. Kalau engga, ya siap - siap aja dijadikan mainan terus dijilat - jilat bagaikan menjilat ice cream. hueekk~. Serius ini pengalaman mami ketika Hana mainin wireless microphone. setelahnya mami nangis bombay~.

3. Beri Silica Gel 
Di dalam wadah penyimpan wireless microphone​, siapkan satu atau dua bungkus kecil silica gel untuk menyerap kelembaban. Jadi, microphone akan tetap awet dan bebas dari jamur. Bagian yang rentan kena jamur adalah bagian bulatan kecil warna hitam. Jamur bisa merusakkan microphone dan membuatnya jadi tidak berfungsi. Kalau kalian masih bingung apa itu silica gel, itu lho bungkusan berukuran sachet mini yang didalamnya ada bentuk kristal - kristal kecil yang sering digunakan untuk mengurangi kelembapan barang elektronik. Misal, kamu beli wadah khusus penyimpanan mic tidak termasuk silica gel didalamnya. Dont worry, kamu bisa beli itu di supermarket terdekat. www.little-himawari.web.id
4. Segera Keringkan Jika Basah 
Jika wireless microphone Kamu tidak sengaja kehujanan atau terkena air. Maka, segera keringkan dengan lap lembut atau tisu. Air bisa memunculkan kelembaban sehingga ada jamur yang hinggap di dalam microphone. Dan yang terpenting, jangan keringkan microphone dengan hair-dryer, karena bisa membuatnya rusak. 

5. Microphone Cadangan 
Sebaiknya kalian juga harus beli microphone cadangan/backup mic. Alasannya, bila mic pertama kalian ketinggalan/kebasahan dan lagi gak bisa dipakai. kamu bisa menggunakan mic backup-an. Proses syuting vlog akan berjalan lancar dan aman jika memiliki dua mic atau lebih. Jangan ragu untuk membeli mic untuk investasi sebagai seorang vlogger profesional wannabe. Bila menurut kalian membeli mic wireless dirasa mahal, alternatif lainnya untuk mic cadangan adalah kalian bisa membeli mic kabel yang harganya jauh dibawah mic wireless.
www.little-himawari.web.id

6. Jangan Mengetuk Microphone www.little-himawari.web.id
Wireless microphone berbeda jauh dengan microphone konvensional. Jangan terbawa kebiasaan lama dengan mengetuk-ketuk microphone saat ingin mengetes suaranya, karena mic jenis ini lebih rapuh. Kalau kamu melakukan hal itu, akibatnya mic akan cepat rusak jika diketuk dengan keras. Cara mengetahui mic kamu berfungsi dengan baik yaitu mengetesnya langsung dengan berbicara di depan mic. Ingat ya, jangan di ketuk tapi langsung ngomong.

**
Hanamiers, merawat microphone sebenarnya tidak membutuhkan biaya yang tinggi. Namun, kamu harus hati-hati saat menyimpannya. Jangan disimpan sembarangan dan ditumpuk dengan benda berat lain seperti buku, apalagi tidak ditaruh dalam wadah khusus. Microphone yang penuh debu akan susah dipakai dan cepet rusak. Pastikan juga mic aman dari jangkauan anak kecil. 

Gimana tips dari mami? semoga membantu ya. bila kamu masih mencari wireless microphone yang bagus atau sesuai dengan budget. kalian bisa Buka website atau aplikasi Bukalapak. Ada banyak jenis microphone dengan berbagai varian harga. Kamu juga bisa membelinya dengan kartu kredit. www.little-himawari.web.id


No comments

Silahkan tinggalkan komentar kamu, tapi plis banget ya pergunakan bahasa indonesia yang baik dan membangun. Mohon maaf juga harus di moderasi biar gak ada yang spam. Happy Comment ^^~