Travelling bareng anak jadi mudah dengan Cosmos Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031

|
Tuesday, September 4, 2018
| 4 Comments

Apa yang kalian persiapkan bila ingin travelling bareng anak? 

Tiket pesawat? Hotel? Itenerary? 

Kalau dulu yang menjadi concern utama mami adalah soal makanannya Hana. Repot memang, tapi demi Hana yang saat itu masih bayi nan lucu bisa terpenuhi gizi serta nutrisinya. Maka mami tak segan – segan untuk direpotkan. Gak apa demi anak pikir mami kala itu. Setiap kali berencana untuk berpergian yang mengharuskan kami untuk bermalam. Mami banyak membawa barang bawaan Hana. Mulai dari perlengkapan makanannya, alat memasak; biasanya mami membawa slow cooker/mini rice cooker dan cool box yang berisi berbagai macam bahan masakan siap di olah. 

alat tempur Hana ketika berpergian. Mami setia menggunakan Cosmos loh

Bahan masakan siap olah untuk menu sehat Hana. Ada kaldu organik juga yang sengaja mami pesan
Tapi Seiring berjalannya waktu, makin kesini mami jadi praktis gak membawa apa – apa. Andalan mami Cuma restoran siap saji. Toh pikir mami, Hana udah gede dan hanya kali ini aja. Begitu pulang kerumah pasti balik ke makanan homemade


ketika kami medical travel ke singapore berapa waktu lalu. seminggu disana fastfood terus XD
Ternyata ya, pemikiran mami itu salah. Biar bagaimanapun asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak seusia Hana hingga 12 tahun kedepan itu mempengaruhi tumbuh kembangnya. maka dari itu harus benar diperhatikan mengenai gizi serta asupan nutrisi yang tepat dan bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil. 

Mom’s Blogger Gathering 

Kebetulan pada tanggal 29 Agustus 2018 kemarin yang bertempat di Seroeni Resto, Lippo Mall Puri, Jakarta. Mami diundang oleh Cosmos untuk hadir ke event mereka. Event yang bertajuk Moms blogger Gathering – Travel Hack with Cosmos Mini Rice Cooker CRJ 1031. Mengundang banyak moms blogger serta Influencer. 

Di event kece ini kita diinformasikan mengenai do’s and donts bila akan melakukan perjalanan. Terutama ketika membawa si kecil. Bersama dengan Ibu Pafitri, S.K.M., RD menjabarkan persoalan para moms travelling yang membuat mom blogger dan Influencer yang hadir terperangah. 

Menurut beliau, dalam melakukan perjalanan perlu beberapa strategi sederhana namun efektif agar kita bisa tetap makan sehat selama travelling, hal itu untuk menjaga keseimbangan tubuh dan mengurangi stress selama perjalanan. 

Karena selama ini, bila kita ingin melakukan perjalanan. Pastinya hal yang pertama kita pikirkan adalah masalah mengenai akomodasi, transportasi selama perjalanan hingga sampai di tempat tujuan dan tujuan berpergian ketika sampai di destinasi yang diinginkan. Urusan makan menjadi prioritas kesekian pastinya  karena tidak kita hiraukan dan menganggap enteng permasalahan perut. Padahal bila perut dalam kondisi tidak sehat akan berpengaruh ke sistem tubuh yang lain. “Jadi jangan anggap sepele urusan perut ya bu” Tutur bu Pafitri di sela – sela pembicaraannya. 


Menurut bu Pafitri, kondisi tubuh kita selama travelling itu meski dengan mood senang dan gembira akan tetapi cukup melelahkan sehingga rentan terhadap serangan virus/kuman. Dan juga kita harus berhati - hati terhadap gangguan intestinal

Jadi sangat penting sekali, memenuhi gizi selama kita travelling. Untuk menangkal berbagai macam penyakit. Apa saja yang harus dilakukan untuk pemenuhan gizi selama traveling itu? 

1. Mempertahankan simpanan glikogen 

2. Mempertahankan hidrasi tubuh 

3. Menjaga kebugaran tubuh 

4. Mencegah stress selama perjalanan 

5. Siap melakukan aktivitas 

Nah, setelah itu. Apa saja sih yang harus kita lakukan sebelum travelling

1. Moms harus membuat keputusan tentang makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama travelling. Semisal mami, ketika hendak berpergian mami selalu berkata kepada Hana bahwa ia tidak boleh makan coklat. bila melanggar akan ada konsekuensinya. jadinya, selama perjalanan kita menghindari membeli makanan yang mengandung coklat.

2. Rencanakan jenis makanan apa yang akan dibawa dan berapa banyak yang akan dibutuhkan. 

3. Fasilitas/alat masak yang praktis. iyesh! kudu portable ya dan bentuknya imut. biar bisa masuk ke dalam koper gitu ya moms.

4. Berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan. Banyak kan ya moms yang kalap kalau ingin mempersiapkan kepergian. apa aja di beli padahal mah gak penting - penting banget. tak terkecuali nih bahan masakan yang nanti akan kita bawa. sebaiknya sih memang sudah direncanakan selama travelling itu mau masak apa. Jadi bahan masakan gak ada yang terbuang sia - sia.

Untuk mempersiapkan makanan yang akan kita bawa juga ada caranya. Agar makanan yang kita bawa itu tetap segar baiknya disimpan di kantong plastik kedap udara dan air. Noted juga agar tidak tumpah pastikan kantong plastiknya tidak bocor. Bila ada, siapkan wadah plastik yang BPA FREE dan makananya dipisahkan berdasarkan jenis.

Contoh makanan segar; sayuran seperti wortel dan brokoli di celupkan minyak zaitun agar tidak melembek. bila ingin membawa telur pastikan di rebus terlebih dahulu dan tidak membuka kulit telur. kemudian bila ingin membawa kentang, pastikan kentangnya telah di rebus/kukus/dipanggang terlebih dahulu ya. terakhir ada potongan daging, ikan, dan ayam dengan wadah tersendiri.

Untuk contoh makanan kering dan tahan lama itu ada abon/dendeng/rendang yang siap menemani kita berpergian tanpa ribet. kacang - kacangan bisa menjadi alternatif cemilan untuk si kecil atau kita, membawa biskuit rendah kalori itu ampun mengganjal perut di kala lapar dalam perjalanan tanpa takut lemak jahat. membawa buah - buahan kering seperti keripik mangga kering/apel bisa juga untuk diet kita moms. tak lupa membawa buah segar juga untuk anak kita.

Dan yang satu ini juga tak kalah pentingnya. Apa yang harus kita lakukan selama travelling agar tetap nyaman? 
  • Perhatikan Hygiene dan sanitasi makan serta minum yang dikonsumsi. Bila kita sembarang makan makanan tak sehat, akan berakibat fatal. dampak dekatnya kita tidak bisa menikmati sisa perjalanan karena mendadak harus bolak balik ke rumah sakit misalnya. jangan sampai ya~ bukannya asik menikmati momen bahagia bersama keluarga, yang ada keluarga ikutan stress semua. gak asik kan.
  • Makan Sesuai dengan pola kebiasaan rutin. maksudnya adalah pola makan kita sehari - hari harus kita terapkan juga ketika travelling. jangan mentang - mentang lagi holiday makan kita gak teratur. kan ujungnya bakalan sekeluarga yang susah. 
  • Makan sering tapi dengan jumlah yang sedikit. Nah ini nihh.. mami suka salah paham. dulu sih ortu mami suka bilang makan banyak biar gak kelaperan. sekarang kayanya pola pikirnya harus di ubah deh. makan sering biar lambungnya gak berubah bentuk. Iyesh!
  • Persiapan penanganan terjadinya gastroenteritis dan diare. singkatnya kita harus membawa kotak P3K di dalam list barang yang akan dibawa ketika travelling. ribet ya kalau kita gak mempersiapkan semua. mending repot di awal kan.
Daritadi mami tulis, makan sehat terus ya tapi gak ada penjelasannya arti makan sehat itu. moms, tau kan pedoman pola makan sehat dan seimbang yang mengantikan 4 sehat 5 sempurna?



Nah, pola ini menurut mami lebih manusawi. kadar makanannyapun sesuai dengan porsi. Dan pola makan ini sangat dianjurkan oleh WHO dan juga kemenkes RI. Di sini susu sudah tidak memegang peranan penting lagi dalam tumbuh kembang anak/dewasa. 

Di sesi terakhir, Bu Pafitri menyimpulkan bahwa Jangan tinggalkan pola dan jadwal makan sehat, tetap makan tiga kali sehari, perbanyak konsumsi ikan dan sumber protein lainnya. Perbanyak konsumsi sayuran dan cukup buah - buahan.
jangan lupa perbanyak minum air mineral supaya bisa fokus. Bila moms mempunyai anak, batasi mengkonsumsi makanan cepa saji, jajanan dan snack manis, asin dan berlemak. Travelling sehat momen kebersamaan bersama keluarga jadi asik.



Sesi selanjutnya ada cooking demo. Iesh.. berupa demo masak menggunakan Cosmos Mini Digital Rice Cooker CRJ1031. Yang menjadi chef kali ini ada seorang moms Selebgram;mba Ayi dengan akun instragramnya: @kelincitertidur. Doi membuat nasi kuning MPASI yang bisa dinikmati oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Duh, jadi ngiler mami. Proses pembuatannya tuh simple banget, dengan menggunakan Cosmos Mini Digital Rice Cooker tinggal masukin aja semua bahannya (termasuk ayam) ke dalam jar dan ditutup kemudian tinggal sebentar, maksudnya bisa di sambi dengan kerjaan yang lain gitu. dan taraaa~ tak lama kemudian Jadi deh. 

Tentang Cosmos
Siapa yang tak mengenal produk Cosmos? produk dalam negeri yang banyak di gemari oleh emak - emak di seluruh Indonesia. Karena disamping harganya bersaing, kualitasnya tak kalah keren dengan produk luar. Cosmos memulai debutnya sejak 42 tahun silam, dengan nama PT. Star Cosmos yang didirikan oleh Bapak Ir. Surjaputra. Cosmos selalu menjadi produk inovator perlengkapan rumah tangga nomor satu di hati masyarakat Indonesia. Hal itu terbukti dengan diraihnya beberapa penghargaan yang konsisten, seperti:Indonesian Good Desain and Top Awards sejak tahun 2003 hingga 2017 kemarin.  

Cosmos bangga bisa hadir ditengah masyarakat Indonesia untuk memenuhi gaya hidup sehat. Salah satu bentuk kepedulian Cosmos terhadap kesehatan keluarga yaitu dengan diluncurkannya produk baru Cosmos Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031. Dengan adanya produk mini rice cooker ini diharapkan keluarga yang ingin berpergian bisa tetap mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga terjaga kebersihannya. 



Spesifikasi Cosmos Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031
Kapasitas: 0,3 L dengan tombol pilihan multifungsi 4 in 1 (Cook, Quick Cook, Instan Noodles, warm/cancel)
Daya/Tegangan: 180 watt/220volt



What inside the Box:
- Mini Gelas ukur
- Mini wadah untuk mengukus
- Mini tabung anti lengket
- Mini Sendok Nasi
Semuanya serba mini ya moms, jelas dong kan buat travelling jadi di bikin compact agar bisa masuk koper dengan aman.
***


Resep Rebusan/shabu kuah Dashi ala Mami menggunakan Cosmos Mini Rice Cooker CRJ 1031


Bahan - bahannya:
  • Aneka varian produk olahan ikan(Frozen Food) secukupnya. Bila ingin di buat menarik, moms bisa membeli beberapa produk olahan ikan dengan aneka macam karakter yang ada.
  • Sayuran Pokchoy secukupnya
  • Saos Dashi Secukupnya
  • Air mineral Secukupnya
  • Bila dirasa kurang silahkan tambah beberapa sendok teh garam/penyedap rasa organik
Cara Memasak:
  • Masukkan air mineral dan saos dashi ke dalam Cosmos Mini Rice Cooker
  • Masukkan produk olahan ikan secukupnya
  • Masukkan sayuran Pokchoy
  • Tutup Mini Rice Cooker dan set menjadi "Quick Cook" 
  • Tunggu beberapa saat, dan selesai.. bisa di hidangkan~


Berikut Vlog singkat How To Cook: Shabu sehat kuah Dashi ala Mami

Yup, Hana suka banget makan rebusan. Tapi kalau lagi travelling agak ribet ya, paling ujungnya makan fastfood (hehe). Tapi Kini mami gak usah galau lagi, karena ada Cosmos Digital Mini Rice Cooker CRJ 1031 yang siap mami bawa anytime anywhere saat travelling bareng keluarga. Gak ada alasan buat gak sempat makan makanan sehat selama liburan. Kesehatan terjaga, hati senang, momen travelling makin bersemangat. Terima kasih Cosmos~


Oia, buat moms yang ingin beli produk cosmos secara online. Bisa lohh.. Nih, mumpung ada Promonya. Kalian cukup berkunjung ke website resminya Cosmos di SINI. Dan masukkan kode mami ya: COSMRUFFIELUCRETIACRJ - Bila kalian ingin membeli produk Cosmos Mini Digital Rice Cooker dengan diskon 20% & COSMRUFFIELUCRETIA bila moms ingin membeli produk Cosmos lainnya dengan diskon 15%. Grab it Fast ya! karena ini hanya berlaku dari tanggal 31 Agustus- 16 September 2018.


Sampai jumpa di postingan selanjutnya ya~#Ketcjup

4 comments on "Travelling bareng anak jadi mudah dengan Cosmos Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031"
  1. Fungsional dan praktis banget ya cosmos mini rice cooker ini. Wajib punya banget deh :)

    ReplyDelete
  2. Waaah keren banget sih mom bisa masak apa aja ya dengan si mini digital rice cooker ini. Hebat nih perlu direkomendasikan ke temen temen

    ReplyDelete
  3. Aku juga udah nyoba nih tadi oagi buat macronu schoteel enak jadi praktis

    ReplyDelete
  4. Resep shabu-shabunya simple dan bikin laperr :) praktis yaa masak pakai mini rice cooker dari cosmos

    ReplyDelete

Mohon maaf komentar di moderasi ya, biar gak ada yang nyampah ^^