Hana Catering - Kisah di Balik cerita sang owner... Bagian Ke- Dua

|
Tuesday, July 7, 2015
| Leave a comment
 
Taraaa... inilah lanjutannya dari cerita saya yang ini.

Lanjut yaa.. yuk capcuss..

Pengalaman ngumpulin Modal Awal
Hihihi.. kebetulan ada yang komen di postingan yang sebelumnya nih. Buat yang penasaran saya mengeluarkan modal berapa perlu dicatat ya. Modal ini murni modal pribadi dan bukan hasil pinjaman apalagi gadaikan barang, karena saya masih takut untuk ambil resiko itu. Untuk membuka usaha catering rumahan sebenernya modalnya lumayan asal bisa nganturnya. Waktu itu modal awal saya sekitar 15jutaan totalnya untuk membeli perlengkapan masak, promosi (bikin kuitansi, banner, kartu nama, brosur, flayer), dan bahan masakan awal. Untuk desain Ikon Hana Catering untungnya masih gratisan karena temen ^^.

Dapetnya dari mana?
Hasil nge -gamer recehan. Wkwkwkw... jujur kalau jadi gamer duit ngalir terus gak abis - abis tapi waktu juga harus di luangin bener - bener. Buat dapetin modal awal ya gampang - gampang susah. Karena saya harus berkorban waktu minimal 5 jam sehari selama sebulan buat cari recehan di game. Kalau niat banget dulu saya sebulan  bisa dapet 50jutaan. Sekarang mah boro - boro 5 jam sehari mantengin PC, yang ada di repotin terus ngurus Hana, hiks. Bener kata temen sesama gamer cewek. Karir cewek di dunia game bakalan pudar kalau udah nikah plus punya anak dan itu kebukti banget.

waktu gabung di NXA GAMING TEAM

waktu jadi gamer aktif

Ngerasa dari yang punya banyak duit dari game, gak minta duit harian ke suami sampai sekarang yang hanya bergantung sama nafkah suami and ngumpulin recehan seadanya dari nge- game karena keterbatasan waktu. 

Makanya saya buka catering rumahan, yah skalian nambahin pemasukan dapur. Lagian kalau mau shopping - shopping pake duit suami kok saya malah merasa bersalah ya, walaupun kata suami gak apa sih kalau gak sering. Tapi Alhamdulillah-nya sih ada jalan. Di saat gak terlalu aktif nge- game jadinya membuka usaha catering dengan Modal awal gak pake ngutang.

Pengalaman Nge - gembel Promosiin Hana Catering
Sebagai pemilik catering yang masih ngandelin diri sendiri untuk marketing, otomatis saya terjun langsung membagikan flyer dan brosur. Inget banget awal bulan oktober 2014 silam, saya sama ayah naik motor keluar masuk komplek dan pasar buat nyebarin flyer Hana Catering. Dari pagi sampe sore, dari udaranya sejuk sampai panas dan kembali ke sejuk lagi. Wah... pengorbanan banget deh. Di samping promosiin via internet juga ya. Kita itu mulai Catering awal september, karena brosur dan flayer yang telah dibagikan adalah untuk menu bulan september 2014. Capek? jangan ditanya dah, berangkat pagi pulang petang udah kaya orang kerja kantoran. Belom lagi di tolak sama orang komplek atau di usir satpam disangka mau jualan yang aneh - aneh, tapi pas dikasih lihat brosurnya baru pada mingkem. Jalan ujug - ujug dari ujung ke ujung nyebarin brosur sama flayer menu. Saat itu saya jadi merasa

"Oh gini ya rasanya merintis usaha dari NOL, dan orang - orang yang jualan keliling dengan gigihnya"

Karena apa?
ASLI CAPEK pake BANGET. Helloo.. saya yang dibilang si tuan putri manja yang gak mau susah payah ini nyatanya bisa kok nge- gembel, jalan kaki dari ujung komplek sampai ke depan dan masuk beberapa komplek lagi dan bahkan masuk pasar pula buat bagi - bagiin brosur. SURE I CAN !

Karena bagi saya satu - satunya kelebihan yang saya sadari adalah KERAS KEPALA. yah, saya sangat kerasa kepala terhadap usaha saya ini, saya ingin Hana Catering dikenal sama banyak orang. Saya ingin orang diluaran sana merasa terbantu dengan adanya Hana Catering. Apalagi ibu yang mempunyai anak masih balita dan gak punya pembantu, saya ngerti banget gimana susahnya buat masak di rumah.
contoh brosur Hana Catering yang di sebar ke komplek dan pasar di depok

Contoh menu catering harian bulan november, yang septembernya ilang XD

Bermodalkan tekad yang sekeras kepala dan modal nekat, saya akhirnya bisa membuka usaha saya sendiri. But it is not the end. Its Only THE BEGINNING...

Ah.. jadi inget lagunya One OK Rock judulnya The Beginning...



Hihi.. gak nyambung banget. Oke, ceritanya bersambung lagi ya, untuk yang selanjutnya saya bakalan cerita tentang awal - awal Hana Catering meluncur ke jalanan. So, terus Blogwalking yaaaa...
Post Comment
Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar kamu, tapi plis banget ya pergunakan bahasa indonesia yang baik dan membangun. Mohon maaf juga harus di moderasi biar gak ada yang spam. Happy Comment ^^~