Kopdar Komunitas Ibu Mendongeng Bogor

|
Monday, October 30, 2017
| 6 Comments

Suatu malam di dalam Kamar Hana, Saya bercerita sebuah kisah kepada Hana:

Sekelompok awan baru saja pulang, setelah mengantarkan hujan dari hutan sebelah timur. Di tengah perjalanan, mereka melihat seekor harimau melambaikan tangan. Salah satu awan turun menemui harimau. 
"Kamu tadi memanggilku ya?" tanya Awan
"Iya, kenapa sih kalian belum menurunkan hujan di sini? Tumbuhan dan binatang banyak yang kehausan" ucap harimau sedih.

Dan sembari bercerita saya juga mempraktekkan logat bahasa harimau dan juga Hujan tak lupa mimik wajah saya yang dibuat sedemikian rupa yang berperan seperti harimau dan hujan.

***

Sejak usia Hana memasuki dua tahun, saya rutin membacakan buku untuk Hana setiap malam sebelum tidur. Alhasil dia selalu bisa menceritakan kembali apa yang telah saya bacakan.

Baca: Menjadi Pintar Karena Halo Balita

Tak hanya melalui media buku saja saya bercerita/mendongeng terhadap Hana, biasanya bila saya kehabisan stok buku cerita dan belum sempat untuk membeli kembali. Saya mencoba mendongeng dengan cerita karangan saya sendiri kemudian nanti ditengah - tengah Hana yang meneruskan hingga dia terlelap tidur.


Nah, kebetulan beberapa waktu lalu saya dan Hana datang ke event kece di bogor. Eventnya dari Komunitas Ibu Mendongeng Bogor. Acara yang berlangsung pada hari minggu, 24 September 2017 bertempat di Kopi Jlenong Bogor ini sangat seru.

Saya melihat semua orangtua dan anak - anak yang hadir disana sangat antusias. Tak terkecuali kami terutama Hana yang sedari awal semangat ketika mengetahui bahwa akan ada yang mendongeng untuknya.


Walaupun acara sempat molor setengah jam lebih dan diterpa hujan. Tak menyurutkan semangat anak anak yang hadir.

Acara dibuka oleh ketua Komunitas Ibu Mendongeng, beliau bercerita sepintas perjalanan komunitas ibu mendongeng di wilayah Bogor. Setelah itu, ada games seru untuk anak dan orangtua yang hadir di sana. Karena saya mendokumentasikan acara tersebut jadi yang ikutan games seru adalah neneknya Hana. Iyesh, saya turut serta membawa mama dan juga ayah dalam event ini.


Selain itu ada sesi bernyanyi untuk anak yang membuat mereka sangat senang berada di sana dan juga permainan kreatif untuk ibu dan anak. Nah, disini saya yang ikutan bermain bersama Hana. Permainannya mudah tapi memerlukan ketangkasan dan kerjasama.


Kemudian, hal yang paling ditunggu - tunggu pun tiba; dongeng oleh Kak Bonchie.  Kak Bonchie merupakan pendongeng yang lumayan terkenal di Indonesia. Beliau menuturkan bahwa minat anak ataupun orangtua dalam mendongeng di Indonesia masih terbilang sedikit. Kak Bonchie ingin menumbuhkan semangat anak - anak dan juga orangtua terhadap mendongeng. Karena dari mendongeng akan menumbuhkan kreativitas terlebih yang dilakukan oleh orangtua akan tercipta bonding antara orangtua dan anak.





Kak Bonchie mendongeng tentang kisah tentang gadis berkerudung merah dengan menggunakan alat peraga berupa tali yang melilit di jari jemarinya dan mampu membuat anak - anak yang hadir tertawa bersama. Tak hanya sesi mendongeng bersama kak Bonchie saja, sesi selanjutnya adalah anak - anak diajak untuk melukis di media yang telah disediakan. Seraya anak - anaknya aktif melukis, orangtua diajak untuk hypnoparenting.

Sayangnya Mami dan Hana tidak bisa mengikuti sesi melukis dan Hypnoparenting karena Mami harus ke Serang nemenin papi kerja. Semoga saja di lain waktu Mami dan Hana bisa mengikuti event seperti ini sampai selesai.


***

Mendongeng merupakan aktivitas yang diperlukan oleh orangtua dalam menciptakan bonding dengan anak. Dengan mendongeng kita bisa menyisipkan pesan - pesan yang positif kepada mereka. Selain itu, banyaknya diksi yang diperdengarkan dapat meningkatkan perbendaharaan kata serta daya ingat. Mendongeng juga bisa membangkitkan imajinasi dan daya kritis anak kita.

Jadi, gak ada salahnya dong ya meluangkan waktu kita untuk mendongeng kepada anak tercinta.
Yuk, Moms & Dads mulai sekarang biasakan mendongeng yaaaa~~



Info Lebih lanjut Komunitas Ibu Mendongeng Bogor:


6 comments on "Kopdar Komunitas Ibu Mendongeng Bogor"
  1. tosss mak, aku suka dongengin anakku juga, sangat berfaedah karena bukan hanya buat bonding time tapi melatih anak kritis + kreatif + memperkaya kosakatanya dan imajinasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss juga akh... iyesh mendongeng gak hanya buat bonding aja mak. Justru baik untuk anak sendiri. dan Selamat mendongeng ya makk ^^

      Delete
  2. wah, aku juga lagi belajar mendongeng untuk anak2 asuhku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat maakk!! aku juga masih belajar ini >.<

      Delete
  3. Aku msh srg mendongeng sebelum tidur ke anak2 :D. Kadang ceritanya dr buku, kadang aku karang sendiri dan improvisasi, ato kdg cari dr internet. Anak2 juga seneng bgt kalo aku udh mulai dongeng mba. Cuma kdg penyakitku suka males hahahaha.. Apalagi kalo udh caprk pulang kantor. Cm mereka ttp lbh suka didongengin ama aku, krn ama papinya ga menarik blass. Dataaar aja ekspresi dan nada bicaranya kalo dongeng hahahah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. huahahahaha.. toss akh mak. memang klo sama bapak bapak kadang suka datar.

      Selamat mendongeng yaaaa~

      Delete

Mohon maaf komentar di moderasi ya, biar gak ada yang nyampah ^^