TIPS Berbelanja Tablet yang Ramah Anak

|
Saturday, June 10, 2017
| 2 Comments



Hi Flowery,

Kali ini saya bakalan posting tentang Tips membeli Tablet yang ramah anak. Pastinya tau dong anak - anak sekarang walaupun dilarang mainan gadget pasti deh bakalan kasih seribu alasan untuk kita;sebagai orangtuanya mengijinkan mereka bermain gadget.  Alhasil hati kita luluh dengan tampang merajuk mereka dan menyerah. bener apa bener? hehehe.

 Nah, karena kita tidak bisa menghindari hal ini. Maka yang harus kita lakukan adalah dengan tindakan pencegahan agar anak kita tidak kelewat batas dalam bermain dengan gadgetnya. Kebetulan Hana - chan memiliki gadgetnya sendiri yang dengan catatan panjang kali tinggi kali lebar dia harus nurut apa yang boleh dan tidak dia mainkan jika tidak mematuhi syarat yang saya berikan maka konsekuensinya gadgetnya akan saya sita dalam jangka waktu tertentu. 

Sayangnya beberapa waktu lalu gadget kesayang Hana - chan bengkok! what? kok bisa.. 
Ternyata dia menyimpan gadget itu tepat dibawah selimut kasur dan secara tidak sengaja kedudukan oleh saya. wkwkkw.. plis atulah jangan ketawa gede - gede ya. Badan saya memang lagi gak bisa turun berat badannya jadilah itu gadget kesayangan Hana - chan bengkok setengah dan setengah lagi masih lempeng. Di switch on sih masih hidup tapi ya, agak riskan juga nanti malah kebelah dua beneran. Huhu.

Hiks.. sedih kan liatnya T^T


Reaksi Hana - chan?

Jangan tanya, dia nangis kejer dan ngebet minta dibelikan gadget yang sama sebagai gantinya. Bisa dibayangkan gadget dia ipad yang seharga smartphone mami-nya yang itu juga boleh gratisan. LOL

Karena Ipadnya dirusakin sama mami, akhirnya dia nodong smartphone papinya :p


Jadi, setelah saya merayu Hana - chan akhirnya dia setuju untuk dibelikan gadget apa saja asal bentuknya tidak seperti smartphone. Maksudnya dari segi ukurannya. Okelah pasti yang dia mau itu tablet!


Berikut Tips Berbelanja Tablet yang Ramah Anak:
1.  Pilihlah tablet yang nyaman digenggam oleh anak kita. Ukurannya minimal 7 inchi dan maksimal 8 inchi. Selain enak digenggam bentuk tablet yang nyaman juga tidak akan membuat tangan mungil anak kita cepat pegal. Ukuran tablet Hana - chan sebelumnya 7,8 inchi pas dalam genggaman dia.
2.   Carilah Tablet yang ada opsi kids mode seperti di merk Samsung atau kalian bisa memilih Apple Ipad. Kenapa harus ada opsi itu? setidaknya kita bisa memantau serta membatasi ruang gerak mereka. Untuk Samsung, karena ada pilihan kids mode nya jadi anak kita tidak bisa sembarang menggunakan aplikasi yang lain. Untuk Apple Ipad, bila kita ingin mengunduh Aplikasi di play store akan ada kode login yang harus di isi. Ini membatasi anak kita dalam mengunduh aplikasi yang tidak sesuai dengan umurnya. 
3.   Cek resolusi layar Tablet yang akan kalian beli. Demi kenyaman mata sang anak. kalau bisa sih yang sudah retina display.
4.   Beli Tablet yang memilki prosessor minimal Quad Core dan Memory besar semisal 16 atau 32GB. Kenapa? anak itu terkadang suka membuka banyak tab dan mereka tidak suka menekan tombol panah "back"lebih memilih jalan pintas menekan tombol ditengah. Jadilah banyak tab yang satu waktu terbuka semua. Kalau prosessor dan memory tidak cukup bakalan "hang" terus kalau dibiarkan lama, Teruslah rusak.. Terulah kita beli baru lagi... duit lagi kan mak capek mak (curcol).
5.    Ada UANG nya. Yailahhhhhh.. masa mau gratisan. hehehe.. maksud saya di sini adalah dana yang memang telah disiapkan lebih untuk membeli tablet. Sebisa mungkin membelikan tablet anak itu jangan yang terlalu mahal mak, sayang. Apalagi kalau anaknya suka mendadak lemparin itu tablet. Sedih saya sedih. Kisaran harga yang masih masuk akal untuk membeli tablet anak kurang lebih di atas sejuta dibawah tiga juta. Tapi kalau ada uang lebih untuk membeli tablet anak di atas tiga juga sih gak apa - apa, ya balik lagi asal rela kalau tablet yang udah beli mahal - mahal dibanting, di kucurin air sama anaknya.

Cek dan ricek harga pasar offline dan online kok gak beda jauh ya. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli tablet via online store aja di e-commerce mataharimall.com. Guess what? di mataharimall ini lagi banyak diskonannya loh. Asik..asik...




Setelah cuss ke websitenya kok bikin ngiler ya. Diskonnya itu lohh. Dan pilihan saya ada pada Tablet Samsung TAB A with S pen dan Apple Ipad Mini seperti punya Hana - chan yang terdahulu namun kali ini yang retina display. 



Kira - kira yang mana ya bagus buat Hana - chan dan pas dikantong emaknya ini? Menurut kalian yang mana? Silahkan drop Comment di postingan ini ya. Di tunggu sarannya. Terima kasih~
2 comments on "TIPS Berbelanja Tablet yang Ramah Anak"
  1. Terima kasih tips nya mbak...kebetulan ada rencana membelikan si kecil tablet dr hasil tabungannya di sekolah, tapi masih nunggu dana tambahan dari THR yg blm cair hehehe.... Samsung boleh juga yaa

    ReplyDelete
  2. Wah asik ada tips byat beli tablet ramah anak. Makaish sudah berbagi mba :)

    ReplyDelete

Mohon maaf komentar di moderasi ya, biar gak ada yang nyampah ^^