Ingin menjadikan anak Juara hebat kebaikan, ini caranya

|
Friday, June 23, 2017
| 6 Comments

“Anak Hebat adalah anak yang memiliki kecerdasan intelektual (cepat tanggap) dan kecerdasan emosional (kebaikan hati).”
Sedangkan definisi kata kebaikan menurut kamus KBBI adalah sifat manusia yang dianggap baik menurut sistem norma dan pandangan umum yang berlaku.
Untuk menjadikan anak Juara Hebat Kebaikan tidak bisa instan, semua ada prosesnya dan di sini peran orangtua terutama bunda sangat dibutuhkan. 

17 Juni 2017, Saya dan Hana – chan berkesempatan hadir di event buka puasa bersama dengan Bebelac – Juara Hebat Kebaikan. Event yang diselenggarakan di Patio Tratiora & Pizaaria Jakarta ini banyak dihadiri oleh bunda hebat yang turut serta membawa keluarganya. Tidak ketingalan pula Bebelac mengundang anak yatim dari panti asuhan Rumah Yatim. 




Acara dibuka dengan sesi mini talkshow oleh dua narasumber yaitu ibu Roslina Verauli sebagai seorang Psikolog dan Binky Paramitha selaku Psikolog dari Rumah Dandelion. Mereka membahas bagaimana kita sebagai orangtua harus menerapkan nilai – nilai kebaikan dimana saja dan kapan saja. 

Menurut Psikolog ibu Roslina Verauli, kita perlu menanamkan nilai – nilai kebaikan sedini mungkin. Agar ketika dewasa kelak kecerdasan emosionalnya terasah dan tumbuh menjadi anak yang memiliki kepribadian yang kuat.

Ibu Verauli menuturkan dengan mengasah kemampuan berbuat baik sejak kecil merupakan basis agar kelak anak mampu berinteraksi dengan orang sekitar dengan cara yang positif dan tidak agresif. Anak dengan kemampuan emosional dan sosial yang baik akan senang melakukan hal baik dan cenderung memiliki performa akademis yang lebih baik di sekolah. 

Karenannya, di sini peran orangtua khususnya bunda sangat dibutuhkan guna menstimulasi dan menjalin kedekatan dengan anak supaya anak bisa memiliki kemampuan dalam melakukan kebaikan dilingkungan sekitarnya.

Dalam melakukan kampanye Juara Hebat Kebaikan dapat memberikan dukungan dan inspirasi bagi bunda untuk menanamkan nilai – nilai kebaikan untuk membentuk karakter anak yang hebat, dan dengan pendampingan dari bunda, anak tidak hanya diberikan kesempatan untuk melakukan perbuatan baik sesuai dengan inisiatifnya tetapi merasakan juga apresiasi dari orangtuanya sehingga anak akan termotivasi dari dalam diri untuk melakukan perbuatan baik anytime anywhere tutur ibu Binky.

Cara efektif agar anak dapat belajar menanamkan nilai – nilai kebaikan dan menjadikannya Juara Hebat Kebaikan sebagai berikut:

1. Story Telling
Bunda atau ayah bisa membacakan buku cerita dengan tokoh yang senang menolong orang lain dan mengaitkannya dengan kegiatan sehari – hari dengan anak. Bila kita rutin membacakan buku dengan nilai – nilai positif yang terkandung didalamnya insyallah itu akan tertanam di alam bawah sadarnya. Sehingga output yang positif juga bisa diimplementasi dengan baik.

2. Role Play/Bermain Peran
Ingat Orangtua adalah contoh terdekat yang akan anak kita lihat. Maka dari itu kita juga harus memberikan contoh yang baik untuk anak kita. Nah, salah satu cara agar anak menumbuhkan nilai kebaikan dalam dirinya adalah dengan kita bermain peran. Luangkanlah waktu bermain bersama anak, dan dengan mereka kita bisa bermain peran bergantian seolah orang yang membutuhkan pertolongan dan dikondisikan anak kita yang harus menolong.

3. Modelling
Sekali lagi anak akan mencontoh semua tindak tanduk orangtuanya atau orang yang terdekat denganya. Jadi, bunda dan ayah biasakan selalu berperilaku sesuai dengan apa yang di ajarkan pada anak, agar anak dapat meniru perilaku tersebut. Jangan sekali – sekali kita mengatakan sesuatu yang tidak baik namun sebagai orangtua malah kita yang dengan sengaja melakukan perbuatan tidak baik tersebut. Bagaimana anak bisa mencontoh hal baik bila orangtua tidak konsisten dengan perbuatannya.


Selain itu, agar aksi hebat kebaikan anak semakin terpupuk, ada hal yang bisa kita lakukan sebagai orangtua yaitu:

1. Berikan anak Kesempatan, bunda atau ayah bisa memberikan ruang pada anak untuk melakukan kebaikan sesuai dengan inisiatifnya. Jangan apa – apa harus kita yang terlebih dahulu “memberikan perintah”.

2. Berikan anak Pendampingan, Bantuan dari bunda atau papa ketika anak mengalami kesulitan itu bisa membuat anak lebih percaya diri dan merasa bahwa mereka dihargai. Hal itu akan memberikan dampak positif untuk anak berbuat kebaikan yang lebih terhadap lingkungan sekitar.

3. Berikan anak Apresiasi, bunda dan ayah bisa memberikan pujian pada anak yang sudah berusaha membantu orang lain terlepas apapun hasilnya. Hal sekecil apapun bila kita memberikan apresiasi terhadap anak kita dan menghargai mereka, mereka juga akan merasakan bahwa mereka merasa dihargai dan disayang.




Setelah sesi minitalk show selesai, acara ditutup dengan iringan tarian dan lagu oleh adik – adik dari sanggar AP Stadela dan buka puasa bersama.

***
Penerapan Aksi Hebat Kebaikan Hana – chan


Setelah saya mendapatkan ilmu tentang menumbuhkan kebaikan sedini mungkin, saya jadi teringat akan hana – chan. Sejauh mana saya sudah memberikannya nilai – nilai kebaikan.

Sejak Hana – chan berusia enam bulan, saya rutin membacakan cerita setiap malam untuknya. Sampai Hana – chan terlelap tidur. Hal itu saya lakukan hingga kini. Hasilnya alhamdulillah, kosakata Hana – chan menjadi beragam dan yang paling membuat saya terharu adalah dia selalu ingat akan apa yang saya ceritakan terutama mengenai hal berbagi terhadap sesama.

Hana – chan memiliki hewan peliharan beberapa ekor kucing liar yang setiap pagi tak pernah absen untuk meminta makanan. Setiap pagi pula, Hana – chan dengan riangnya memberikan makanan kepada kucing – kucing tersebut. Bila saya kelupaan memberikan makanan untuk kucing – kucingnya, Hana – chan akan sedih dan dia pasti menyisihkan makanannya untuk si kucing. 

Hana – chan memiliki seorang teman baik, namanya Eirine - chan, setiap kali dia membeli sesuatu baik itu makanan atau hal yang digemarinya pasti dia teringat akan teman baiknya tersebut dan sebisa mungkin dia juga bisa berbagi dengan temannya.






Hal tersulit yang saya lakukan adalah konsisten sebagai orangtua dalam menerapkan nilai – nilai kebaikan. Terkadang saya suka berkata sesuatu hal yang tidak boleh dilakukan namun di waktu yang lain ketika saya lalai, saya malah melakukan hal yang saya larang untuk Hana – chan. 

Hana – chan memiliki daya ingat diatas anak seusianya, makanya saya sebisa mungkin tidak berkata hal – hal yang buruk terhadapnya dan juga dapat memberikan contoh yang baik yang bisa ia tiru.

Menjadi orangtua yang baik itu memang butuh proses pun begitu menjadikan anak #JuaraHebatKebaikan #GrowThemGreat. Tidak ada sesuatu yang instan, yang instan hanya mie yang di jual abang - abang di warung kekinian ;p

Orangtua berproses menjadi orangtua yang lebih baik lagi dan berbuat baik, agar kebaikannya bisa ditiru. Dan anakpun akan melihat kebaikan orangtuanya serta bisa di implementasi dengan baik. 

Anak yang baik adalah tabungan kita kelak. Suatu saat kita pasti akan meninggalkan dunia ini. Bila kita telah maksimal mengajarkan hal kebaikan kepada anak kita, insyallah kita tidak akan menyesal dan kecewa. Karena kita telah mewariskan nilai – nilai kebaikan yang ada.



***
Bagaimana, apakah bunda dan ayah sudah bisa menerapkan langkah – langkah diatas? Bila belum yuk direalisasikan. Karena menanamkan nilai – nilai kebaikan berguna untuk kehidupannya. Bila sudah, boleh berbagi cerita dengan saya yaa ^^


Oia, jangan lupa untuk mengikuti lomba Bebelac – AKSI JUARA HEBAT KEBAIKAN, caranya gampang banget: kirimkan foto atau video serta cerita aksi hebat kebaikan buat hati bunda ke website BEBELAC. Kegiatan ini dimulai dari 5 Mei – 30 Juni 2017. Jadi masih ada waktu kan, hayoo bunda ikutan dan menjadi inspirasi untuk menanamkan pentingnya melakukan kebaikan pada anak sejak dini dan jadikan anak JUARA HEBAT KEBAIKAN.




Info lebih lanjut silahkan berkunjung ke:


Simak #DailyVlogHana - Serunya Mengikut bebelac Event:

6 comments on "Ingin menjadikan anak Juara hebat kebaikan, ini caranya"
  1. Konsistensiiiii.. PR saya juga inih.. hiks. Thanks for sharing Mba. Ilmunya bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  2. Hei hana si mata besar yg menggemaskan

    ReplyDelete
  3. Tips keren mba... Semoga aku bisa menerapkan juga sama anak" dirumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, aku juga lagi belajar nerapinnya nih

      Delete

Mohon maaf komentar di moderasi ya, biar gak ada yang nyampah ^^