Tentang Blog dan Channel Youtube

|
Tuesday, February 28, 2017
| 2 Comments

Hallo Blogwalking, tidak terasa saya hiatus dari perbloggeran sudah 3 (tiga) bulan lamanya. Banyak yang nawarin campaign dan endorse di blog tapi saya masih mikir. Dan sepertinya untuk saat ini hanya mengambil campaign dan endorse buat medos saja. 

Kok mikir? kan tinggal tulis saja toh gak perlu ikutan event juga.

Iya sih, hanya saja kini waktu saya tidak se-kompatibel dulu. Selain kegiatan posyandu yang saya adakan rutin tiap bulannya dan bikin laporan ini itu. Alasan saya yang sebenarnya adalah ingin menikmati waktu bersama Hana-chan. Dan juga kepengen fokus dulu ke channel youtube kita; Hanami's Channel (Subs yaaa nanti di subs balik ^^). Tapi,  lagi - lagi terkendala waktu juga. Waktu yang enggak bisa singkron sama suami, karena kita itu team dan selalu bagi tugas. Urusan take camera dan angle camera pastilah papih. 

Saya? yang ada video goyang terus gak stabil mana enak buat di edit apalagi di tonton. Sempat beberapa video youtube Hanami's Channel saya yang take menggunakan kamera henpon alhasil videonya tidak smooth karena tangan saya gemetar. Biar dikata pakai kamera mahal sekalipun kalau engga paham teknik ambil gambar video itu susah loh!

Ini contoh Video yang saya ambil menggunakan kamera henpon:


Tugas saya ya selain nemenin Hana - chan eksis di youtube, saya yang edit semua hasil video yang ada di Hanami's Channel. Dan jujur, saya awalnya awam dengan editan video. Setelah di paksa papih supaya belajar sendiri dan cari tau sendiri bagaimana ngedit video, alhasil ya bisa dengan sendirinya. 

Lantas apakah saya edit video menggunakan adobe premiere pro? enggaa..
Saya tidak semahir itu, walaupun saya memiliki buku tutorial dan tutorial menggunakan premier pro berseliweran di channel youtube banyak orang. Yang ada kepala saya keburu pusing dan males duluan. Hahaha...

Kita ambil simplenya aja yak, maklum engga ada waktu buat belajar lebih. Jadi pengennya rada instan gitu. Oia, saya juga sempat menulis Tips memilih software video editing ala saya di blog saya yang ini. Kalau sekarang saya sudah beli update-an versi 15-nya yang terbaru (mungkin nanti akan saya bikin postingan terpisah tentang kelebihan dan kekurangan cyberlink power director ya).

Jadilah saya memilih software yang banyak templatenya. Tinggal cut, tambahain ini itu, pasang sound, dan dipercantik. Jadi deh!

Nulisnya sih gampang ya, tapii... kenyataannya terkadang suka makan hati. Kita beli ini software mahal, tapi mau semahal apapun terkadang pas lagi enak ngedit tiba - tiba suka nge-freeze gitu dan kerjaan editan yang sebelumnya sudah susah payah kita kerjakan hilang karena engga bisa di save.

Sedih mak... sedih...

oke skip.

Banyak blogger juga yang ngedit Vlog mereka dengan menggunakan henpon. Kalau saya, edit menggunakan henpon itu menyiksa. Iya, layar sekecil itu di pakai buat edit dengan tangan saya yang semakin membantet. Alamak! nyerah saya. Pernah saya jajal edit video teaser Hanami's Channel pakai Cyberlink PowerDirector versi henpon. Susah mak, Susah...

Jadi, kalau kalian seorang blogger yang ingin merambah dunia per-youtube-an seperti saya. Maksimalin aja yang kamu punya apa, misalnya yang ada hanya kamera henpon, yauda maksimalin aja gak usah sok-sok beli perlengkapan kamera tercanggih  kecuali kamu memang sudah ada dananya ya monggo. Terus engga bisa ngedit pakai premier pro, gampang sih, kita sudah banyak di manja sama aplikasi atau software editing yang lumayan banyak. Yang penting kuasai satu software/aplikasi tersebut. Toh di dalam per-youtube-an yang penting hasil bukan bagaimana proses kamu bikin video sampai jadi kan. Dan terakhir yang paling penting; KONSISTEN NGEVLOG/YOTUBER. Ini peer bagi saya, karena saya belum juga bisa konsisten update channel youtube secara berkala. Hiks.

***
Jadi intinya dari postingan ini tuh apa?

Ya... cuma greeting aja. Entah saya bakalan sering posting lagi atau engga ya gak tau juga atau saya melipir menjadi youtuber/vlogger yang serius juga engga tau (ababil banget nih). 

Dan untuk semua blogger yang ada di dunia maya, saya memang lagi hiatus, tapi bukan berarti tidak mengikuti perkembangan dunia blogger. Yang jadi blogger sekarang sudah tidak bisa kehitung jari lagi. Semakin banyak regenerasi, namun di situlah saya melihat semakin banyak konflik yang terjadi.

Biar bagaimanapun, ada baiknya sesama blogger jangan saling sikut menyikut, nyindir - menyindir. Saya kangen ketika saya pertama kali mengikuti event blogger yang diselenggarakan di Jakarta tahun 2014 silam. Kangen karena suasananya begitu adem, friendly semua dan tidak ada yang membuat status ataupun tulisan di blog yang sampai kontroversial.


Salam dari emak yang lagi rempong ngurusin krucilnya masuk sekolah. Nge-blog lah yang membuat pembacamu menjadi happy tanpa mengerenyitkan dahi sesudah membacanya. Dan saya juga masih belajar nih. 






Jangan lupa subs, like dan comment ya channel Youtube kita




Makasihh~~~




2 comments on "Tentang Blog dan Channel Youtube"
  1. tetap semangat ngeblognya ya makkk... terus konsisten.. hihihihi
    keren ulasannya..

    ReplyDelete
  2. sekarang lagi asik nge-vlog ya. Aku ga PD nampang di depan kamera trus edit video itu sampe bikin mata kriyep-kriyep.

    ReplyDelete

Mohon maaf komentar di moderasi ya, biar gak ada yang nyampah ^^