Tips Membeli Pakaian Anak yang Tepat

|
Tuesday, November 8, 2016
| 4 Comments

Hi mommies..
Dunia fashion anak sekarang udah kekinian banget ya moms. Mulai dari pakaian hingga ke aksesoris yang lucu - lucu. Terutama yang banyak macemnya fashion anak perempuan dong. Apa sih yang gak bikin kita semua khususnya mommies pada mupeng? Gimana foto - foto OOTD anak selebritis tanah air maupun luar negeri memamerkan fashion anak mereka di sosial media terutama instagram. Ughh.. rasanya pengen gitu nyomot koleksi salah satu busananya untuk di pakai oleh anak kita. Hehehe.


foto OOTD Hana -chan di Instagram
Yang menjadi sorotan saya di sini dalam hal pakaian anak. Biasanya moms kalau lagi jalan - jalan ke sebuah mall terus ngeliat ada diskonan pakaian anak itu rasanya pengen langsung kita beliin aja buat anak kita kan. Yakali kalau ada duit mah gak kudu mikir - mikir lagi langsung aja pilih dan bayar ke kasir. Nah buat dana yang pas - pas-an apalagi anggarannya jadi satu sama uang belanja bulanan. kita kudu pinter - pinter deh ngaturnya. Salah mengatur keuangan bisa panjang urusan.

Kita juga harus mempertimbangkan usia anak yang masih dalam tahap usia pertumbuhan. Yang mana badan mereka cepat sekali bertumbuh besar. Alih - alih ingin membahagiakan anak dengan menyisihkan uang belanja bulanan kita. Kenyataannya terkadang pakaian yang kita belikan hanya di pakai sesaat saja, sisanya masuk dalam lemari pakaian yang tak terpakai lagi. Kan sayang. 

Nah, kebetulan nih saya punya beberapa tips buat mommies yang kepengen dandanin anaknya tapi tetap ramah kantong plus gak mubazir. 

Tips ini juga saya lakukan ketika akan membeli pakaian Hana - chan. Jadi saya mau sharing nih yaa..

1. Perlu gak untuk di Beli?
Sebelum memilih - milih pakaian anak ada baiknya kita juga bertanya kepada diri kita sendiri. Penting/perlu gak sih kita membeli pakaian untuk anak kita? bila kita hanya menuruti nafsu usahakan cek isi kantong dulu ya moms. Jangan sampai hasrat kita ingin membahagiakan anak malah berujung gigit jari karena duit belanja terpakai dan habis sebelum waktunya. 


2. Tentukan Jenis Pakaian yang akan di beli
Kalau moms memang di rasa perlu untuk membeli pakaian anak. Sebaiknya tentukan jenis pakaian yang akan di beli. Casual kah? Pakaian main kah atau Pakaian resmi?. Dari situ kita bisa menyisihkan dana untuk pengeluaran tersebut.


3. Bandingkan harga
Langkah selanjutnya adalah moms harus bandingkan harga. Sebagai emak kita juga harus itungan kan ya. Syukur – syukur bisa dapat diskon kece. Kalau saya, saya selalu bandingkan harga toko online maupun offline. Misalnya saya akan membeli pakaian casual untuk hana – chan merk A. Nah, saya mulai cari tau terlebih dahulu dengan cek harga di beberapa toko online atau e-commerce. Bila sudah tau harga pasarannya berapa. Saya cuss ke toko offline

Nah, untuk toko offline ini kita perlu jeli melihat diskon. Hampir setiap hari mulai dari awal bulan hingga akhir bulan toko offline menawarkan diskon yang menggoda iman banget. Padahal diskon yang ditawarkan biasanya harga yang tertera sudah dinaikkan dari harga asli. Cara ngeceknya sebenarnya cukup mudah. Buat emak yang demen main ke mall pastilah tau harga asli misalnya dari dress anak merk A berapa. Tapi buat yang jarang main ke mall agak susah juga. Tapi bila ada harga diskon 50% + 20% jangan di anggap diskon 70% ya. Jadi hitungannya; harga asli di diskon 50% kemudian harga yang telah di potong dari 50% itu di diskon 20%. 

Nah, tips lainnya untuk cek harganya beneran di diskon apa engga adalah biasanya dress merk A harga normalnya di angka 200 ribuan terus ada penawaran buy 1 get 1 free. Berarti itu beneran diskon. Tapi bila dress merk A harganya gak masuk akal, misalnya di angka 400an dan ada penawaran buy 1 get 1 free. Yaa.. itu sama aja bohong karena kita membeli harga normal yang di bundle. 

Untuk yang berminat membeli dengan harga yang ditawarkan tanpa diskon ya monggo – monggo aja sih. Tapi buat saya mah, saya pasti menunggu barang diskonan :p.

Kemudian bila kita sudah mengetahui harga offline maupun online. Cek ketersedian dana kita dan kebutuhan apa yang harus dikeluarkan. Kalau memang yang di beli hanya pakaian main saja ada baiknya sih membeli pakaian anak via online. Hal yang perlu di garis bawahi dalam membeli pakaian anak via online pilihlah e-commerce atau toko online yang trusted dan real pic. Biar gak kecewa aja gitu. Dan perhitungkan juga ongkirnya. Kalau harganya murah tapi pengirimannya dari luar pulau jawa sama aja kan, mending melipir ke toko offline sekalian cuci mata :D


4. Size/Ukuran
Terakhir adalah ukuran. Bila point 1 – 3 udah oke langkah terakhir dalam membeli pakaian anak adalah ukuran. Sepengalaman saya, saya selalu membeli ukuran pakaian hana – chan yang melebihi usianya. Kenapa? Yaa.. biar tahan lama aja moms. Terlebih bila yang dibeli adalah pakaian bermerk. Kalau pakaian main yang biasa beli di pasar dan seharga 25 rebu sih saya mah beli yang pas di tubuh Hana – chan aja. kWkwkwk.. Tapi kalau harga pakaiannya sampai ratusan ya saya usahakan untuk membeli ukuran yang agak besar agar dipakainya lebih tahan lama.

Ini Video Hana - chan ketika memilih Pakaian anak di sebuah pusat perbelanjaan



Gimana moms? Tips membeli pakaian anak yang tepat versi saya. Semoga dapat membantu ya. Oia, saya pernah loh suatu hari ketika jalan – jalan ke sebuah mall terus saya melihat diskonan pakaian hana – chan seketika itu juga mata saya langsung berbinar dan akhirnya saya kalap membeli beberapa pasang. Alhasil begitu saya sampai rumah menyesal!. Iyess! Saya lupa kalau itu tengah bulan dan uang belanja pas banget sampai akhir bulan. Karena uang belanja sempat di pakai untuk keperluan yang sebenarnya gak penting – penting amat, jadilah itu uang belanja berkurang dan kalau di hitung gak sampai akhir bulan. Jadinya saya merayu suami untuk meminta tambahan uang belanja walaupun kena omel ;p. Udahannya saya gak mau lagi kebawa hawa napsu ngeliat diskonan apapun. Termasuk pakaian anak. 

Jangan kaya saya ya moms. Usahakan setiap melihat diskonan barang/pakaian ada baiknya berpikir ribuan kali untuk membeli. Seperti yang tercantum pada tips saya nomor 1. 

4 comments on "Tips Membeli Pakaian Anak yang Tepat"
  1. hi mba ruffie cocok ini tulisannya..suka kalap kadang lihat baju anak hihihi...kayaknya semua lucuu terima kasih tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mba..

      Iya emang kalau liat baju anak terkadang saya juga masih suka kalap :3

      Delete
  2. mengetahui ukurannya cukup penting juga menurut aku

    ReplyDelete
  3. Sangat membantu saya dalam membelikan baju buat anak saya.

    ReplyDelete

Mohon maaf komentar di moderasi ya, biar gak ada yang nyampah ^^