Top Social

Kumpulan Resep MPASI Hana - chan usia 1 tahun ++ part.1

|
Sunday, February 21, 2016
| 3 Comments

Holaaa... biar di kata saya gak eksis lagi di event blogger. Nge-blog mah jalan terus atuhhh..

Postingan ini saya dedikasikan untuk emak - emak rempong di jagat dunia maya yang galau mencari resep MPASI Batita-nya. Dan khususnya buat saya. Kalau buku - buku resepnya ilangan atau di robekin Hana tinggal nyontek aja ke blog ini seandainya di karuniai baby lagi :D

Pada resep yang saya tulis di bawah ini di ambil dari banyak sumber buku ya. Dan beberapa ada yang saya tambahin atau ganti sesuai kondisi kulkas saya :p

Maapp banget engga pake poto juga biar cantik. Soalnya di kumpulan resep ini, asli resep yang saya bikin untuk MPASI Hana - chan kemarin. Yaa.. sudah di uji coba gitu. Tapi lupa di foto.

Gak apa ya ya ya...

Yang penting kan resepnya *Cling*



Resep 1.
Pepes Nasi Tuna


Bahan:
Nasi aron secukupnya
Tuna cincang secukupnya
Mentega secukupnya
Garam Secukupnya
Wortel secukupnya, parut kasar
Bayam secukupnya, cincang halus
Air secukupnya
Daun pisang

How to cook:
Panaskan mentenga, masukkan tuna, aduk
Masukkan garam, wortel dan bayam, aduk rata
Tambahkan air, masak sampai air habis
Campurkan sayur dengan nasi aron/nasi baru matang, bungkus daun pisang (bentuk sesukanya :P), Semat dengan lidi, lalu kukus sampai matang
Angkat dan sajikan deh



Resep 2.
Pisang Lapis Coklat



Bahan:
1 buah pisang di potong menjadi 4 bagian
50gram coklat batang, lelehkan
30 gram sprinkles warna warni
4 buah stik es krim

cara membuat:
Tusukkan pisang yang sudah dipotong pada tusukan es krim
Celupkanpisang ke dalam coklat leleh dan taburi dengan sprinkles warnawanri
Sajikaannn



Resep 3.
Bola Bola Coklat


Bahan:
Biskuit Marie secukupnya, hancurkan
Coklat masak pekat, lelehkan *optional klo gak pake ini gak apa apa kok*
Mentega cair
Susu kental manis coklat
Messes warna warni


Cara membuat:
Tuang sedikit demi sedikit susu kental manis ke dalam bubuk hancuran biskuit marie. tambahkan Coklat leleh dan mentega cair, aduk rata.
Bentuk adonan menjadi bulatan bulatan kecil
Gulingkan ke atas messes warna warni
Simpan di kulkas tunggu hingga dingin
Sajikannn


Resep 4.

Daging Tumis Teriyaki



Bahan:
Daging has dalam, iris tipis
Jamur hioko kering atau jenis jamur kering yang lain juga gak apa
Bawang bombay di potong panjang
Bawang putih cincang halus
Saus teriyaki
Saus tomat
Garam
Air
Minyak wijen
Minyak untuk menumis


How to cook:
Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. masukkan daging. aduk sampai berubah warna.
Tambahkan jamur, saus teriyaki, saus tomat dan garam. aduk rata
Tuang air, masak sampai bumbu meresap. ketika akan di angkat segera masukkan minyak wijen. aduk rata.



Resep 5.

Chocolate Mousse Oat


Bahan:
Susu cair plain
Telur
Dark cooking chocolate
Oat

Cara membuat:
Tim dark choco hingga meleleh, angkat
Campur susu dan telur, masak di api kecil sambil di aduk kemudian campurkan oat dan angkat setelah mengental
Campur coklat leleh dengan oatmeal masak, aduk rata kemudian tuang ke dalam mangkuk atau Cetakan, dinginkan di dalam kulkas.


Resep 6.

Soto Jamur Tiram


Bahan:
Jamur tiram, cuci bersih, suwir agak besar
Jamur kancing, potong - potong.

Bumbu 1, haluskan:
Kunyit, cuci bersih, kupas, bakar sebentar
Kemiri di sangrai
Bawang merah kupas
Bawang putih kupas
Ketumbar
Merica

Bumbu 2:
Lengkuas
Daun jeruk
Daun salam
Sereh, keprek
Air putih
Daun bawang iris halus
Gula
Garam
Minyak untuk menumis

How to cook
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan suwiran jamur tiram dan jamur kancing. tumis sampai harum
Tambahkan air matang, masukkan bumbu bumbu dalam bumbu 2, kecilkan api
Jika sudah harum tambahkan gula dan garam secukupnya sambil di aduk sesekali
Ketika air sudah sedkit menyusut taburi daun bawang. matikan api
Sajikan


Resep 7
Nasi Goreng Abon


Bahan:
Nasi putih
Bakso, potong kecil
Sayuran beku ( Kacang polong, buncis, wortel)
Bawang bombay cincang
Bawang putih cincang
Kecap manis
Margarin
Abon sapi

How to cook:
Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum
Masukkan potongan bakso, aduk rata
Masukkan sayuran beku
Masukkan nasi putih dan kecap manis
Masak sambil di aduk sampai semua bahan matang. angkat
Cetak ke dalam mangkuk atau cetakan yang lain, taburi abon di atasnya
Sajikan dengan potongan tomat segar dan saus tomat di atasnya.


Resep 8
Telur Puyuh Bumbu Kecap


Bahan:
10 butir telur puyuh, rebus, kupas
1/2 sdm asam jawa
150ml air
kecap manis secukupnya
1/2 buah bawang bombay, cincang
minyak untuk menggoreng
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
garam secukupnya


How to cook:
Larutkan asam jawa dalam air, tekan tekan , saring dan buang ampasnya
Haluskan bawang merah, putih dan garam
Tumis bumbu halus, masukkan telur puyuh rebus
Aduk sampai tumis kekuningan, angkat
Panaskan lagi sisa minyak di wajan, masukkan kecap, air asam dan bawang bombay. aduk cepat Hingga mendidih dan kental. angkat
Tuangkan ke dalam mangkuk, siram dengan saus kecap
Sajikan hangat


Mau tau resep selanjutnya? kepo-in terus yaaa.. saya bakalan posting lagi kumpulan resep MPASI Hana - chan bagian keduanya~



Source:
Majalah Ayahbunda tahun 2013
99+ Resep Rumahan Cihuy - Komunitas Mamaku Koki Handal & Milis MPASI rumahan
Menu Sehat Balita - Tim Dapur Sehat - Kawan Pustaka 2014
3 comments on "Kumpulan Resep MPASI Hana - chan usia 1 tahun ++ part.1"
  1. duh, resepnya kece-kece, pertanyaannya.. nanti punya mood buat bikin gak ya, duh emaknya pamalesan ini mah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga pemalas mak. Tapi ini bikinnya gampang kok ;3

      Delete
  2. Pengen nyoba nasi goreng abonnya nih. Di nasi goreng tersebut kan ada abon sapi, biasanya pake abon sapi merk apa kak? Atau asal abon sapi aja.

    ReplyDelete

Mohon maaf komentar di moderasi ya, biar gak ada yang nyampah ^^