Top Social

Pengalaman membeli mobil bekas melalui portal 123.com

|
Thursday, November 12, 2015
| 11 Comments

Beberapa waktu lalu saya sempat di bikin pusing oleh banyaknya pesanan catering saya. Maklum usaha catering saya ini yah masih skala kecil lah, semua serba terbatas begitu pun dengan dana. Namun, seiring dengan orderan yang engga bisa saya tolak. Iya masa rejeki di tolak kan sayang banget. Saya butuh kendaraan satu lagi terutama mobil sebagai kendaraan khusus operasional catering saya. Soalnya selama ini saya masih menggunakan mobil pribadi bila mengantarkan pesanan dalam jumlah besar. Sedangkan untuk pesanan jumlah kecil seperti catering harian ya tetap menggunakan motor sendiri tapi yang mengantarkan bukan saya tentunya. Mau engga mau dengan semakin banyaknnya orderan yang datang ya saya harus mengalokasikan dana untuk membeli mobil operasional catering.

Jujur saja saya masih belum mampu membeli mobil baru, karena cicilan rumah aja baru setahun dan sepertinya masih panjang untuk melunasi secepatnya. Syukur - syukur catering saya maju pesat jadi bisa kesampain hutang KPR saya lunas dan saya mempunyai mobil baru. Amin. Tapi kan engga bisa secepat itu dan engga instan juga dan pada akhirnya yang bisa saya lakukan adalah dengan membeli mobil bekas terlebih dahulu.  

I know where i must have a big dream and where i must to go back in reality.

Saya ini tipe orang yang males dateng ke showroom mobil bekas. Entah kenapa memang lebih enak rasanya melalui online kalau mau sekedar cuci mata searching - searching mobil bekas. Ngaku aja kita ini memang di manjain banget sama kemajuan teknologi. Tapi, berhubung saya masih awam jadi masih rada - rada parno nih kalau saya seriusan mencari dan membeli mobil bekas melalui dunia maya. Mengingat semakin maraknya penipuan jual beli online terutama barang - barang second jadi pastinya saya masih berfikir ribuan kali buat membeli mobil bekas via online. 


Halaman depan portal mobil123.com

Hingga pada akhirnya saya melirik sebuah portal jual beli mobil dan motor bekas ataupun baru. namanya mobil123.com. Sepintas saya pikir ini sama saja dengan portal sejenis lainnya yang hanya menjadi perantara tanpa bertanggungjawab apakah si penjual nya itu terpercaya atau tidak maupun sebaliknya apakah si pembeli itu berniat beli atau ada modus tipu - tipu lainnya. But what i found?

Di portal ini menurut saya "saklek" what means? mereka itu ketat banget 'aturan mainnya' baik penjual maupun pembeli ada ketentuannya masing - masing dan harus dipatuhi. Di portal ini engga bisa sembarangan ber-iklan, semuanya harus melalui proses tim survey-nya mobil123.com. Jadi apa yang ada di iklan mobil123.com itu baik foto mobil maupun keterangan mengenai kondisi mesin mobilnya itu real. Yang mau gabung di mobil123.com juga harus memenuhi beberapa persyaratan yang ada misalnya kalau yang masang iklan itu dealer ataupun distributor mobil-nya langsung diharuskan menyerahkan fotocopy KTP dan beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk di cek terlebih dahulu oleh tim mobil123.com.

Beli mobil ataupun motor kan engga kaya beli cabe campur di pasar yang bilang:
"Bang cabe campur sekilo berapa?"
"Tigapuluh rebu neng"
"Duapuluh rebu aja ya bang"
"Engga bisa neng, kan lagi pada naik semua palingan duapuluh lima rebu neng"
"Engga bisa kurang lagi bang?
"Udah segitu neng"
"Yauda bungkus bang sekilo tapi ditambahin ya!"
"Okeh deh neng!"
Engga kaya gitu kan transaksi-nya. Semua harus dipikirkan matang - matang, apalagi ini transaksinya dari jutaan hingga ratusan juta. Kalau ketipu jackpot banget kan. Apalagi dengan saya yang hanya memiliki dana pas-pasan. Hiks. So, let me try this portal.

tampilan member mobil123.com

Sebenarnya di Indonesia ini baik yang jualan produk, website apapun itu lah suka latahan. Banyak yang ngaku-ngaku nomor satu, padahal mah bayar ke tim yang menjadikan produk itu "No.1 Di Indonesia". Tapi khusus portal yang satu ini kayanya engga deh. Diam - diam saya ini suka jadi detektif loh. Hihi.. mungkin ter-inspirasi dari Sir Arthur Conan Doyle. Saya mencoba register di portal mobil123.com dan mencicip apa yang ditawarkan. So, far iklan yang mejeng di portal ini rata-rata dealer mobil bekas ataupun baru dan semuanya terverifikasi alias trusted. Saya mencari mobil yang saya inginkan dan membandingkan harga dengan dealer-dealer lain yang menjual mobil sejenis di portal ini then i called them.



Setelah saya menelepon kemudian saya janjian dengan beberapa dealer penjual mobil bekas tersebut. Beberapa hari kemudian saya ketempat showroom mobil salah satu dari mereka. Guess what? mereka itu tampilin spanduk di depan showroom mobil-nya dengan tulisan "dealer ini terpercaya dan ber-iklan di mobil123.com" sayangnya engga sempat saya foto karena udah fokus nego harga. Saya tanya dong iseng - iseng.

"Mas kok bikin spanduk iklan di mobil123.com, emangnya mas-nya ini engga iklan di website jual beli yang lain?"
"Engga bu, rata - rata pembeli kami ya dari konsumen yang melihat iklan kami di mobil123.com dan kami percaya. Soalnya kalau kami iklan di tempat lain suka di pehape-in bu"
"Ah si mas ini ngerti gitu di pehape-in?"
"Ngerti lah bu, kami pernah pasang iklan berbayar di website jual beli O**, banyak yang telepon si bu tapi banyak yang cuma janji - janji aja. Kalau pasang di mobil123.com rata - rata yang beli emang seriusan beli bu. paling kalau ada yang engga jadi ya terpentok di harga bu"   

Setelah saya berbicara panjang lebar dengan sales mobilnya dan nego harga. saya masih belum percaya penuh sama portal mobil123.com sampai suatu ketika saya kebetulan di undangan untuk menghadiri acara blogger gathering bareng mobil123.com.

Tapi kalau kata Aa Gym mah:

"Tidak ada yang kebetulan di dunia ini, semua sudah di takdirkan oleh Allah S.W.T"

Jadi, saya ditakdirkan untuk mengetahui lebih dalam tentang portal mobil123.com, huh?

Rabu 4 November 2015 bertempat di Tartine Restaurant, FX Plaza, Sudirman-Jakarta. Hari di mana saya mengorek informasi lebih dalam mengenai portal otomotif yang katanya no.1 di Indonesia ini. Walau datang agak sedikit terlambat tapi pada akhirnya saya tidak menyesali hadir di acara keren ini.

Acara di buka dengan opening speech oleh Mba Henny Wijaya selaku Head of  Sales mobil123.com beliau menuturkan bahwa portal mobil123.com itu merupakan bagian dari perusahaan besar iCarAsia yang berkedudukan di Kuala Lumpur, Malaysia. Beliau juga menjelaskan bahwa menurut penelitian rata - rata orang yang akan memutuskan membeli mobil tersebut akan memakan waktu sekitar kurang lebih 1,9 bulan hingga 3 bulan. I said yess. Seperti yang sudah saya tulis di atas balik lagi ini masalah dana yang cukup besar sehingga membeli mobil tidaklah semudah membeli cabe campur di pasar tradisional. I'm right isn't?


Selanjutnya Mba Henny menjelaskan latar belakang portal mobil23.com dan kenapa menjadi No.1 di Indonesia. Baca selengkapnya di sini aja ya mobil123.com. Yang pada intinya saya jadi percaya kalau portal mobil123.com ini jelas berbeda dengan portal sejenis lainnya. Karena mereka ini fokus sebagai platform Otomotif. Sesuatu yang fokus pasti lebih bagus kan daripada portal jual beli nano nano. I means apa aja ada gitu.

Acara berlanjut dengan sharing session bareng dua narasumber yang namanya sudah tidak asing lagi di mata blogger yang hadir di sana, termasuk saya. Namun, diselingi dengan kuis dan juga pembagian doorprize di akhir acara. Biar gak monoton katanya. Apalagi di pandu oleh MC cantik nan lucu dari awal hingga akhir acara oleh mba Mariana dengan celotehan yang bikin ngakak seisi ruangan.


Kenal Shintaries? 
Namanya tak asing lagi di telinga para blogger, emak yang multi talent ini ternyata menjadi salah satu narasumber yang membahas "Safety Driving". Well, walaupun saya belum bisa membawa mobil sendiri karena engga diijinkan oleh dokter saya dan selalu di supirin. Engga ada salahnya dong kalau menambah wawasan saya bagaimana menjadi pengendara yang baik di jalan raya. Toh pasti berguna, setidaknya untuk memperingatkan yang nyupirin saya untuk selalu berhati-hati dalam berkendara.


Ada 4 Point penting yang saya tangkap melalui sharing session-nya mba Shinta ini:
  1. Jangan Pernah Menggunakan Bahu Jalan. Actually, kalau lagi di jalan tol si papih suka pake bahu jalan loh karena ngejar waktu di kala jalan bebas hambatan itu berubah menjadi penuh hambatan karena macet. Maklum kadang kami itu suka dodol dalam ontime alhasil jadi grasak grusuk. Memang sih sebenarnya penggunaan bahu jalan itu khusus untuk keadaan darurat saja. Misalnya kebelet pipis.. upss salah yaa.. engga, misalnya mendadak ban bocor otomatis kan harus menepi kemudian bila mobil mogok atau keadaan urgent lainnya. Jangan mencontoh kami ya!
  2. Jangan mainan gadget apalagi bales- balesan WA, BBM hingga ngecek sosial media. Biasanya sih yang kaya gini nih para AbeGeh. Etapi, saya akui suami saya terkadang suka melakukan hal kaya gini. Balesin WA kerjaan kantor-nya. Saya aja suka protes, kan ngeri - ngeri sedap tuh kalau terjadi sesuatu yang paling engga di inginkan. Pelis atuh lah demi keamanan bersama fokus nyetir aja ya!
  3. Jangan menghidupkan lampu Hazard kalau engga URGENT banget. Suka kesel deh sama pengendara pas hujan tuh suka nyalain lampu Hazard padahal ya kita kan jadi engga tau kalau dia mau nyusul kita atau engga karena lampu sen dua-dua-nya nyala. Membahayakan pengedara lain tauk! Be Wise lah using Hazard Lamp key!
  4. Jangan lupa Pakai Seat Belt. Jujur yaaaa... saya orang paling males pakai Seat Belt, mungkin karena body saya yang udah kegendutan kali ya jadi pas pakai itu jadi engga nyaman banget. Asli-nya mah kan bahaya ya kalau kita engga pakai sabuk pengaman. Okeoke, next sebagai penumpang yang tau diri kayanya saya mau engga mau wajib pakai Seat Belt deh.
 
Kenal Mas Rizki?
Sejujurkan saya katakan saya TIDAK KENAL. Hatur nuhun mas. Saya baru tahu malahan. Hehe.. maapkeun ya. Tapi mas Rizki ini membahas masalah paling krusial blogger loh. SEO!. Yess.. bahasan yang bikin blogger galau tujuh hari tujuh malem kalau kepentok masalah Search Engine Optimization. Biar ketedect si mbah google atau di search engine lainnya engga semudah membalikan telapak tangan. Penuh drama dan perjuangan tiada akhir *lap keringet*.

Nah, beliau ini memberikan tips - tips jitu supaya blogger kita nangkring di halaman pertama mbah google nih. Berikut rangkumannya:
  1. Buatlah Konten yang semenarik mungkin. Apa sih yang di cari orang bila googling? search and find it then your blog will be the first page on the search engine google. Simple sih tapi engga simple banget buat di lakuin. Engga asal konten menarik aja tapi panjang pendeknya artikel juga harus di perhatikan. Jangan bikin postingan yang terlalu pendek juga. Buatlah visitor betah berlama - lama di blog kita, what i called user signal. Semakin lama visitor membaca blog kita semakin di lirik kita sama search engine. Thats the point.
  2. Meningkatkan Kualitas On Page. Judul dan isi postingan harus nyambung biar engga di sangka jaka sembung bawa golok engga nyambung jek!. Point pentingnya lagi adalah dengan memberikan kata kunci/keywords yang tepat. Bila kita terpaksa membuat postingan bersambung jangan lupa sisipkan link postingan sebelumnya di postingan bersambung kita. Stop template Alay semisal di pakein salju - salju ataupun efek raining. Pelis deh itu bikin lemot dan pastinya visitor bakalan males buka blog yang lemot-nya amit- amit. 
  3. Meningkatkan Kualitas Off Page. Kalau postingan yang kita tulis itu bermanfaat dan juga menarik buat banyak orang pasti akan ada feedback yang akan kita dapatkan. Seperti backlink blog kita dari orang - orang yang membutuhkan referensi tulisan kita. Makanya noted banget jangan asal posting juga buatlah postingan yang banyak orang cari. Insha allah backlink kita akan semakin banyak dan blog kita bisa menepati halaman pertama mbah google. Misalnya konten yang saya tulis ini. dengan keywords "tempat baby spa di depok".  Ini postingan udah lama banget tapi tetep aja nangkring halaman pertama mbah google. Karena apa? rupanya emak-emak sekarang kalau mau cari baby spa pasti deh browsing dan searching dulu review mengenai tempat baby spa di kota-nya yang oke. Di situlah kita harus mengandalkan insting kita "Apa yang paling banyak di cari oleh orang - orang melalui search engine?

Ilmu udah ke-upgrade dan kangen kangenan juga udah ke sesama blogger karena saya lama absen ngikut event blogger pasalnya. Mengenai portal mobil123.com saya udah yakin nih kalau portal ini memang fokus di jual beli mobil dan motor baru maupun bekas yang terpercaya dan memang no.1 di Indonesia. Jadi, sepertinya saya lanjut mencari yang jual mobil lagi nih di portal tersebut. Doakan saya mendapatkan harga yang sesuai kantong saya ya. Thanks berat to mobil123.com ah yang udah mempermudah segalanya.

 

Informasi lebih lanjut sila berkunjung ke:





11 comments on "Pengalaman membeli mobil bekas melalui portal 123.com"
  1. Acaranya seru, ilmunya bermanfaat dan tempatnya cozy....asyik banget ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak nyaman banget apalagi sambil curhat curhat gitu deh XD

      Delete
  2. Jangan nyetir sambil nge-blog. Eh

    Seru, Mak.
    Liputannya juga keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi... bahaya atuh nyetir sambil nge blog :p

      Delete
  3. Oh jadi semua mobil ada yaa mbak di portal tersebut? Wah harus ati2 juga ya kalo beli, eh tapi yang masuk kan gak sembarang mobil, next aku mau lihat2 deh

    wah acaranya seru ya mbakk, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mba semua jenis mobil dan tipenya. iya klo yang di portal mobil123.com di ceki ceki dulu sama tim nya. Sesuai engga sama keterangan yang ada. apalagi yang jualan itu dealer atau produsennya langsung.

      Delete
  4. Walah, gak heran deh postingan ini menang di lomba menulis mobil123.com. Keren tulisannya, terperinci dengan apik. Salut. Selamat ya Ruffie. Btw, waktu acara itu duduknya di mana sih? Kita ketemuan apa gak, ya? #maklum

    ReplyDelete
  5. Makasih bunda Yati... ^^
    Ya masa lupa sih bun, kan kita ngebahas ningkatin alexa dalam sekejap pas makan siang nya. huhuhuhu...

    ReplyDelete
  6. info nya bermanfaat mbak, kebetulan lagi cari pengalaman orang yang sudah pernah beli mobkas buat referensi , thanks ya mba

    ReplyDelete
  7. Bingung karena banyak poker poker online?? Bole di coba bosku Www.Betdanwin.com Poker Online yang selalu memberikan pelayan terbaik kepada member membernya.
    100% Murni Player vs Player (No Bot System)
    Untuk Promo promo nya juga menarik antara lain :
    - Bonus Deposit 100% untuk seluruh member (syarat ketentuan berlaku)
    - Bonus referal 50% seumur hidup LoOh
    - Minimal Deposit : 10.000
    - Withdraw : 20.000
    - Potongan meja disaat bermain di BetdanWin HANYA 3%
    - Support Bank : BCA - BNI - BRI - MANDIRI
    - Pelayanan yang sangat ramah dan sopan bersama cs BetDanWin
    - dan Like juga Fanspage kami di facebook Betdanwin. untuk info promo bonus lainnya lagi

    ReplyDelete
  8. kalo baru lebih murah, kenapa beli yg bekas? Beli aja mobil Datsun, mobil murah tapi berkualitas ;)

    ReplyDelete

Mohon maaf komentar di moderasi ya, biar gak ada yang nyampah ^^