Top Social

Celebrate HUT AIMI DEPOK - 1 Tahun MenginspirASI

|
Sunday, November 22, 2015
| Leave a comment

Engga kerasa ternyata AIMI DEPOK itu usianya udah setahun aja, padahal ya tahun kemarin itu saya masih menjadi peserta unyu - unyu yang duduk manis dengerin ilmu bareng mama plus Hana - chan yang suka merusuh. Tepat tanggal 1 November 2015 kemarin AIMI DEPOK merayakan hari ulang tahun perdana -nya di Aula Perpustakaan Kota Depok, Gedung Balai Kota Depok.

Kenapa memilih tempat di Perpus Depok?
Karena yang dateng Istrinya Nur Mahmudi pak Walikota Depok tercinta kita?
Karena di dukung sama Pemerintah daerah dan dinas terkait?
Karena ada Artis-nya?
Karena ada Dokter kece yang melegenda?



Brosur resmi HUT AIMI DEPOK
Engga.. engga... niat awal sih malahan kami ini mau mengadakan di Moll dan entah kenapa berujung di Perpustakaan Depok. Dengan persiapan hanya dua bulan saja seluruh panitia bekerja Grasak guruk. Yah kalau saya sih gak se-grasak grusuk panitia yang lain karena pas banget september kemarin Hana masuk rumah sakit kemudian gak lama setelah itu acara pindah rumah. Jadi, baru bisa aktif pertengahan bulan kemarin.

Saya salut terhadap ibu - ibu pengurus AIMI DEPOK yang dengan gigih-nya pengen acara HUT AIMI DEPOK yang pertama ini terlaksana dan berjalan sukses walaupun dengan persiapannya yang mendadak. Pasalnya waktu itu AIMI DEPOK sedang sosialisasi ASI di beberapa puskesmas di Kota Depok kebayang dong betapa hetic-nya. Tapi ibu - ibu ini dengan gagah perkasa mempersiapkan segalanya.

Tim Gasruk
Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) adalah sebuah perkumpulan ibu menyusui serta ibu - ibu yang peduli terhadap peningkatan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya ASI khususnya terhadap ibu hamil dan menyusui. Serta pemberian dukungan kepada lingkungan sekitar terutama pasangan dan keluarga  agar peduli terhadap pemberian ASI kepada bayi. AIMI DEPOK sendiri berada di bawah naungan AIMI Jawa Barat dan mulai terbentuk pada tanggal 1 November 2014 yang sebelumnya bernama ASI FOR BABY DEPOK.

Kegiatan yang telah AIMI DEPOK lakukan selama ini adalah dengan mengadakan kelas rutin setiap bulannya yaitu Kelas Edukasi Menyusui dan Kelas Edukasi MP-ASI. Serta melakukan sosialisasi ASI ke sepuluh Puskesmas dan Posyandu di Kota Depok yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Depok. Tidak hanya itu AIMI DEPOK juga melakukan sosialisasi ASI ke komunitas dan kantor yang berada di kota Depok dengan program AIMI Goes to Office/Community. Home Visit dan Sharing  ASI bagi ibu yang memperlukan bantuan menyusui.

Dalam merayakan HUT perdana AIMI DEPOK, kami bersepakat mengambil tema "1 Tahun MenginspirASI" karena dengan flashback ke belakang ternyata sudah 1 tahun AIMI DEPOK memberikan sosialisasi ASI di Kota Depok. Dengan harapan dalam usia yang masih sebiji jagung ini kami semua dapat memberikan aura positif untuk ibu hamil, ibu menyusui, pasangan dan lingkungan sekitar dan juga bisa memberikan inspirasi terhadap mereka agar tidak patah semangat dalam memberikan ASI sebagai asupan yang terbaik untuk buah hati tercinta.

Pada acara HUT ke -1 AIMI DEPOK "1 Tahun menginspirASI" yang dilaksanakan pada tanggal 1 November 2015 yang lalu bertempat di Aula Perpustakaan Kota Depok, Gedung Balai Kota Depok. Ternyata dihadiri oleh kurang lebih 100 orang peserta. ke-seratus orang tersebut ada yang hadir hanya untuk ikut lomba aja atau bahkan sekalian ikut acara Talkshow-nya juga. Pokoknya rame deh, di luar ekspektasi kami tentunya karena mereka sangat antusias.
Lomba Merangkak
Lomba Mewarnai
Lomba menggendong menggunakan baby warp oleh ayah
Acara di buka dengan berbagai macam perlombaan seperti lomba mewarnai untuk anak usia di atas 3 tahun, lomba merangkak, lomba mengganti popok oleh ayah, lomba menggendong menggunakan baby warp oleh ayah serta lomba ungkapan kASI keluarga dan lomba foto dukungan tempat bekerja. Selain itu kita juga mengadakan event tukar dot bekas dan di ganti dengan gelas sloki dan botol ASIP yang dihias cantik. Tak lupa ada pojok konselingnya juga loh and its FREE. Kapan lagi coba bisa konseling gratisan. Oia, kita juga buka stand bazaar untuk yang mau berjualan. Ada bazaar makanan, kosmetik, dan stand - stand bazaar lainnya yang bikin saya pengen beli semuanya. Sayang saya engga punya banyak waktu untuk melihat dan icip - icip booth yang ada di sini karena saya jalan kesana kemari.
Botol ASIP untuk di tukar dengan DOT
Gelas Sloki untuk di tukar dengan DOT
Bingkisan untuk peserta lomba mewarnai
Setelah acara perlombaan selesai dimulailah sesi Talkshow yang dihadiri oleh Ibu Eti Rohati, SKM, MKM Selaku Kasi Kesga & Gizi Dinas Kesehatan Kota Depok serta dr. Enny Ekasari, MARS Selaku Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat Kota Depok dan perwakilan Dinas Kesehatan lainnya. Talkshow "InspirASI Pejuang ASI" menghadirkan narasumber dr. Utami Roesli, Sp.A, IBCLC, FABM dan Widi Mulia (Group B3). Sayangnya saya engga bisa ikutan full acara talkshow ini karena riweh sama konsumsi. Jadi saya hanya nyuri - nyuri waktu kemudian masuk sebentar terus keluar lagi. Yang saya tangkep dari saya keluar masuk acara talkshow ini mereka membahas bagaimana perjuangan ibu - ibu yang memberikan ASI serta tips bagaimana memberikan ASIP. Widi Mulia juga mencerita kisah perjuangannya ketika memberikan ASI kepada si kecil. Tapi yang paling membuat saya engga bakalan lupa acara talkshow ini adalah ketika Dr. Utami memberikan semacam bahan renungan yang membuat peserta dan panitia yang ada di sana mewek - mewek begitupun dengan saya. Saya merekam sebagian apa yang dokter Utami katakan sambil berlinang air mata *lebay* rekamannya on progress ya nanti segera di embed di sini ^^.



Begitu acara Talkshow selesai kami-pun melakukan foto bareng dengan narasumber  yang ada. Yang paling bete adalah ketika saya mau foto bareng Widi Mulia ehhh engga jadi karena harus kesana kemari, begitu lowong Widi-nya udah pulang. Lain hal pas mau foto bareng Dr. Utami keburu di rubung emak- emak yang lain yang nge-pens sama beliau. Ahh.. aku  keduluan~! Wkwkwk...

***
Terimakasih banyak Pengurus AIMI DEPOK yang sudah mempercayakan saya sebagai salah satu pengurus dan juga ikutan tim rusuh ya walaupun belum jadi rusuh banget sih. Jujur saya senang dan bahagia karena ketika Hana-chan lahir salah satu impian kecil saya adalah ingin meng-edukasi ibu - ibu di luar sana kalau ASI itu bagus dan emang pemberian dari Tuhan yang sayang buat di sia-siakan dan akhirnya salah satu impian saya ini terwujud melalui AIMI DEPOK.

Impian saya bagi sebagian orang mungkin apalah.. tapi bagi saya sekecil apapun impian saya bila terwujud berarti memang sudah di takdirkan oleh Tuhan. Hal sekecil apapun bila di syukuri rasanya akan jadi besar.

Semoga AIMI DEPOK kedepannya makin bisa membuat Calon Ibu, Calon Istri, Ibu, serta Keluarga melek akan pentingnya pemberian ASI.

Semangat terus menginspirASI AIMI DEPOK~!


#1tahunMenginspirASI
#AIMIDEPOK
#HUT1AIMIDEPOK


Dokumentasi selengkapnya bisa di lihat di FANPAGE AIMI DEPOK



Post Comment
Post a Comment

Mohon maaf komentar di moderasi ya, biar gak ada yang nyampah ^^