Kumpulan Resep MPASI Hana - chan (6 Bulan)

|
Sunday, August 23, 2015
| 3 Comments

Beberapa waktu lalu ada seorang teman yang meminta saya memberikan resep MPASI-nya Hana - chan, Karena doi masih bingung dalam menentukan resep perdana bayi-nya. So, daripada saya WA-in ke temen saya dan bikin pegel juga. Mending saya sekalian share di blog ini. Plus sebagai pengingat saya juga nih, kali aja nanti ada adek-nya Hana. Jadi, saya bisa nyontek di sini juga. Wehehehe...

Psst.. Resep yang saya tulis ini menggunakan metode Food Combine ya. Jadi buat bunda yang menganut aliran lain, gak ada salahnya juga kan tengok - tengok resep sehat ini. Oia, gak pake gambar asli ya, soalnya saya lupa nyimpen foto makanan perdana Hana dimana.

MPASI Hana (6 Bulan)
Saya inget banget, pas Hana 6 bulan itu kita baru pindah ke rumah yang sekarang. Dan telat sehari saya memberikan MPASI-nya. Maklum baru pertama kali, jadi emang masih bingung banget. Untuk 6 Bulan, Hana hanya diberikan menu MPASI sekali dalam sehari dan itu diberikannya ketika Pagi hari. Berbekal buku sakti-nya Pak Wied - Makanan Bayi Sehat Alami, beberapa yang di tulis di buku saya contek juga. Sisanya yaa... suka suka saya :p

Untuk hari 1 , saya mulai memberikan MPASI Hana dengan Jus Jeruk Manis, dikasihnya itu sejam setelah dia bangun bobok ya. Biar kerasa lapernya. Berikut resepnya:



 JUS JERUK MANIS
credit
Bahan:
  • 100gr Jeruk Manis (Pontianak/Siam/Jeruk Baby)
  • 1-2 Sdt ASIP/Air mateng
Cara Membuat:
Tinggal peras aja jeruknya, bisa pakai perasan jeruk ataupun peras manual, owya jangan lupa disaring yang bener ya, takut keselek kan. Kemudian tambahkan ASIP/Air Matang. Siap di minum deh ^^

Dibawah ini ada beberapa resep MPASI sampai dengan hari ke-14 ya.

JUS PEPAYA
Bahan:
  • 100gr Pepaya Manis kupas
  • 1 Sdm ASIP/Air mateng
Cara Membuat:
Bisa blender pepaya-nya dengan blender biasa atau bisa menggunakan juice extractor atauuu bisa pakai Hand Blender juga. Yang ada aja dirumah. Sisanya tinggal saring aja ampas - ampasnya ambil yang udah disaring kemudian di campur dengan ASIP/Air mateng deh. 


JUS APEL MANIS
Bahan:
  • 100gr Apel Manis Kupas
  • 1-2 sdt ASIP/Air mateng
Cara Membuat:
Haluskan Apelnya dengan menggunakan Blender/Hand Blender/Juice Extractor, Saring kemudian campur dengan ASIP/Air matang. Segera berikan jus-nya.


JUS PIR
Bahan:
  • 100g Pir manis kupas (Yang Li/Packham)
  • 1-2 Sdt ASIP/Air masak
Cara Membuat:
Sama seperti resep di atas ya ^^. Jangan lupa untuk langsung diberikan.

Resep Lainnya:
JUS JAMBU BIJI MERAH
JUS BELIMBING MANIS
JUS MELON HIJAU/JINGGA

Prosesnya sama seperti di atas ya. 

Mulai Hari ke 15 sampai ke 30, MPASI Hana sudah diberikan sebanyak dua kali, yaitu saat makan pagi dan makan sore. Untuk pagi mulai diberikan PURE dan untuk makan Sore sudah diberikan bubur lembut.

Berikut beberapa resep MPASI Hana:

PURE PISANG SUSU

Bahan:
Pisang Ambon/raja dikupas
3 Sdm ASIP

Cara Membuat:
Haluskan pisang dengan blender/Hand blender, tambahkan ASIP.

PURE APEL JERUK MANIS

Bahan:
Apel Kupas, buang bijinya
Jus Jeruk manis yang udah diperas dari Jeruk Ponti/Siam/Baby, jangan lupa disaring.

Cara Membuat:
Kukus apel hingga lunak, haluskan, tambahkan jus jeruk yang sudah disaring.

Untuk menu Pure lainnya:
PURE PIR JUS APEL
PURE APEL JUS PIR
PURE MANGGA JERUK
PURE ALPUKET SUSU
PURE PIR JERUK MANIS
PURE PEPAYA JERUK MANIS


Menu Bubur Lembut Hana:

BUBUR LEMBUT JAGUNG MANIS

Bahan:
Jagung manis muda, serut dari tongkolnya
ASIP/ Air mateng

Cara membuat:
Kukus jagung hingga empuk dan masak, haluskan jagung manis tambahakan ASIP/Air mateng, aduk dengan blender kemudian saring.


BUBUR LEMBUT UBI
credit

Bahan:
Ubi Jalar kuning/merah/ungu kupas
ASIP/Air mateng

Cara Membuat:
Kukus Ubi hingga masak dan empuk, sisihkan hingga dingin.
Haluskan ubi tambahkan ASIP/Air mateng haluskan dengan blender.

Menu Bubur Lembut lainnya:
BUBUR LEMBUT KENTANG
BUBUR LEMBUT KACANG HIJAU
BUBUR LEMBUT SUKUN
BUBUR LEMBUT WORTEL
BUBUR LEMBUT LABU
BUBUR LEMBUT BERAS PUTIH
BUBUR LEMBUT BERAS MERAH
BUBUR LEMBUT PISANG
BUBUR LEMBUT KABOCHA
BUBUR LEMBUT SINGKONG KUNING

Semua menu bubur lembut hana kecuali bubur beras putih dan merah, di kukus terlebih dahulu kemudian di blender serta ditambahkan ASIP/Air masak. Khusus untuk bubur beras putih dan merah. berasnya saya pilih beras organik dan direndam selama 4 jam kemudian di rebus dan di blender, kalau kurang air/ASIP saya menambahkan di dalam blendernya. 

Note. Semua bahan makanan Hana sengaja saya pilih yang organik supaya pestisida FREE. Bisa kreasikan Jus dan bubur lembut sesukanya tapi kenalkan hanya satu macam terlebih dahulu ya kemudian bertahap hingga pengenalan ke dua macam dan seterusnya. Karena baru permulaan lambung dan usus bayi bisa kaget kalau 2 atau 3 macam sekaligus. Di Samping mengenalkan rasa tunggal buah - buahan pada bayi .

Kenapa gak pake Tepung Beras?
Dulu Hana saya coba kasih tepung gasol, tapi BAB nya jadi keras. Eh pas liat keterangan dari Pak Wied bahwa tepung beras itu bisa memaksa pankreas si bayi bekerja lebih dan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dan ujung - ujungnya pada saat anak kita dewasa muda akan lebih mudah terkena diabetes. Ngeri banget, setelah itu saya gak mau konsumsi lagi yang instan - instan untuk Hana. Karena efeknya itu gak sekarang tapi nanti. Saya gak mau dong jadi emak yang nantinya di salahin sama anak kalau kasih makan dia pas orok gak bener. Udah cukup saya salahin ortu saya kasih saya MPASI  dini yang menyebabkan saya sekarang komplikasi ini itu. Udah cukup juga cuma ortu saya yang ngeluarin biaya lebih berobat keluar masuk rumah sakit karena saya. Makanya sampai sekarang pun khusus untuk makanan Hana saya selektif banget.


Okey, semoga berguna ya postingan saya tentang kumpulan Resep MPASI Hana ^^
3 comments on "Kumpulan Resep MPASI Hana - chan (6 Bulan) "
  1. Mbaak blogmu unyu2 banget sih tampilannya, jadi mupeng hihihi. Wah bisa dicontek nih resepnya besok kalo aku punya bayi lagi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wehehehe...

      bolleh2 silahkan di simpan mak XD

      Delete
  2. Aku lagi belajar tentang baby nih makk, ya, belajar dari postingan mak mak KEB aja sih.. Supaya nanti jika diberi keturunan sudah siap. Amin. Tapi bayi 6 bulan apa gak apa apa ya diveri jeruk yang asam asam gitu makk.. Dan baru tau kalau ASIP itu air matang.. Thanks for sharing makk..

    Btw blog nya bagus makk, tapi kok floating med-sos nya agak bikin ribet ya makk.. Hehehe.. Apa di ipad ku aja ya dia ganggu..


    Http://beautyasti1.blogspot.com

    ReplyDelete

Mohon maaf komentar di moderasi ya, biar gak ada yang nyampah ^^