RESEP MPASI: Tips. Cara Tepat Memanfaatkan Kaldu Alami

|
Friday, June 12, 2015
| 1 Comment
Seperti yang sudah saya tulis di sini mengenai Resep Kaldu Alami, nah kali ini saya mau kasih tau tips-nya supaya kaldu alami yang udah di bikin gak jadi 'jahat'.

Asal kalian tahu, kalau kaldu ayam dan kaldu daging itu mengandung lemat terlarut. Akan tetapi jika di panaskan dalam suhu tinggi dan waktu yang lama maka si lemak sehat ini berubah jadi lemak trans yang jahat. iiihh... ceyemmm...

Jika lemak jahat tersebut masuk ke dalam tubuh anak kita sama aja kita menabung lemak jahat lebih dini ke dalam tubuh anak kita. ngeri ya.

Kenapa sih kok bisa jadi jahat?
Lemak trans itu menaikkan kadar LDL dan kadar Trigliserida dalam darah, tetapi justru menurunkan kadar kolesterol sehat HDL. nah, hal ini memudahkan darah kita jadi kental dan timbul-lah peradangan pada pembuluh darah sehingga memperbesar resiko penyakit jantung koroner.

Ternyata jika bayi unyu - unyu kita mengkonsumsi lemak trans hanya 1 -3% dari total asupan lemak total, sudah meningkatkan resiko penyakit jantung. hal ini juga berlaku bagi kita yang over konsumsi lemak jenuh. hati - hati ya.
Meskipun lemak kaldu memberikan andil dalam menciptakan rasa sedap gurih pada masakan, faktor utama biang sedap gurih adalah kandungan MSG alami. makanya kalau kita mau memasak kaldu ataupun mau di re-heat segera minimalkan efek jahatnya. Dengan cara setelah kaldu ayam/ikan/sapi disisihkan hingga dingin dan disaring, simpan dalam lemari es (6-10 jam) hingga terbentuk lapisan lemak di bagian permukaan. Buang lapisannya setelah itu kaldu siap di bekukan di dalam freezer lemari es.

Ada cara lainnya juga loh, masak kaldu hewani bersama bahan lain pada suhu rendah, misalnya menggunakan slow cooker. Dan jika memungkinkan masukkan kaldu hewani sesaat sebelum masakan diangkat dari api. Yang paling aman sih hangatkan kaldu hewani yang telah di carikan hingga suam-suam kuku, lalu bisa di hidangkan sebagai kuah pendamping MPASI. So, makanannya tetep gurih tanpa si lemak jahat.

Tips. Melelehkan Kaldu Beku:
Taruh kaldu beku seperlunya dalam refrigerator lemari es selama 6-10 jam atau semalaman hingga kaldu mencari sempurna. Jadi kaldunya gak langsung dikeluarin dingin - dingin ya. Butuh penyesuaian suhu XD.



Semoga Bermanfaat ya, terutama buat Ayu - chan!



Source.
Buku Super Lengkap - Makanan Bayi Sehat alami karya Wied Harry Pariadji Penerbit Pustaka Bunda


1 comment on "RESEP MPASI: Tips. Cara Tepat Memanfaatkan Kaldu Alami"
  1. bukan cuma untuk resep mpasi ya kalau bikin kaldu, untuk sehari-hari juga bisa biasanya aku stok juga kalau gak males ;-D

    ReplyDelete

Mohon maaf komentar di moderasi ya, biar gak ada yang nyampah ^^