RESEP MPASI: Cara Membuat Kaldu Alami

|
Thursday, June 11, 2015
| 7 Comments

Postingan kali ini saya dedikasikan buat temen seperjuangan saya semasa SMA; Ayu. Temen menggila bareng dan temen satu komunitas jejepangan juga, ahh.. everything lah pokoknya. Sebenernya dari kemaren dia minta resep bikin kaldu buat anaknya sih tapi berhubung saya juga lagi kurang fit dan banyak kegiatan *ceile* akhirnya baru bisa ke posting sekarang. maafkan temenmu yang geje ini ya ayuuu - chan~~..

Okelah.. tanpa foto ya yuu, nanti kalau kamu udah buat kaldunya nanti kamu foto ya, biar bisa di pajang di sini. wkwkwkw...


Sebelum saya tulis resep empat macam kaldu alami. Saya mau kenalin dulu nih, kenapa sih kaldu itu membuat masakan jadi gurih dan enak?

MSG?

Yup, bener banget. Tapi kan kalau di pasaran kaldunya itu kaldu sintentis :p. Menurut saya alih alih mendapatkan rasa gurih yang sudah pasti tabungan penyakit iya. Mending bikin kaldu sendiri, mudah dan gak menabung penyakit.

Ternyata nih ya, MSG Alami itu lebih sehat loh. beidewei, MSG alami itu apa aja sih?
Tiga jenis senyawa MSG alami yang telah berhasil di deteksi mampu membangkitkan rasa gurih sedap makanan adalah glutamat, inosinat dan gulanilat. Biang rasa sedap gurih ini melengkapi empat dasar cita rasa makanan yang sudah ada, yakni asin, manis, asam dan pahit.

Ketiganya itu merupakan senyawa asam amino, bagian dari protein. Jadi, yang bikin gurih kaldu alami bukanlah lemaknya loh ya.

Mau tau dari mana aja ketiga senyawa ini berasal?
Glutamat: terdapat pada wortel, kentang, kol. sayuran hijau (sawi, kailan, brokoli, pokcoy, kangkung, bayam, dan lain - lain), polong - polongan (kedelai, kacang hijau, kacang merah dan kacang tolo), biji bijian (wijen dan kenari), produk hasil fermentasi kedelai (tauco, kecap manis, dan saus inggris/worcestershire sauce), produk fermentasi susu terutama keju.

Inosinat: terdapat pada bahan makanan hewani seperti daging sapi, ayam, ikan (terutama gindara, lemuru, sarden dan kembung), beragam jenis hidangan laut (udang, cumi - cumi, kerang dan tiram) - termasuk rumput laut, seperti kombu, hasil fermentasi hidangan laut (terasi, petis, saus tiram, kecap ikan dan kecap asin)

Gulanilat: terdapat pada beragam jenis jamur

Gimana? jadi udah tau kan kalau sebenernya MSG alami itu ada di sekitar kita teman.

So, kita lanjut ke pembuatan kaldu-nya yukk!


Resep 1.

KALDU SAYURAN

Bahan:
- 200gr wortel
- 100gr kentang
- 100gr bawang bombai, kupas kulitnya
- 100gr tomat merah
- 1 batang seledri, simpulkan
- 1 lembar bay leaf/daun salam/daun jeruk
- 1250 ml air

How to cook.
  1. Cuci dan sikat kulit wortel dan kentang hingga bersih (disarankan memilih wortel dan kentang organik, karena kandungan pestisida banyak tersimpan tepat di bawah kulit wortel dan kentang).
  2. Potong wortel 6 cm. belah 2-4 bagian untuk kentang, tomat, dan bawang bombai
  3. masukkan wortel, kentang, tomat bawang bombai, seledri, bay leaf/daun salam/daun jeruk, dan air ke dalam panci. jerang panci di atas api sedang tanpa di tutup
  4. Setelah mendidih, kecilkan api dan tutup panci. biarkan tetap mendidih selama 30 menit, angkat. sisihkan hingga dingin, saring.
  5. tuang kaldu ke dalam ice cube atau kantong plastik dengan takarang untuk sekali pakai. bekukan dalam freezer lemari es


Resep 2.

KALDU IKAN

Bahan:
- 200gr wortel
- 200gr bawang bombai, kupas kulitnya
- 300gr kerangka ikan kakap atau ikan besar lainnya (tulang dan bagian kepala tanpa insang)
- 1 batang daun selederi, simpulkan
- 1 batang daun bawang, simpulkan
- 1 lembar bay leaf/daun salam/daun jeruk
- 1250 ml air

How to cook:
  1. ikuti step 1 - 2 seperti resep di atas
  2. Masukkan kerangka ikan, wortel, bawang bombai, seledri, daun bawang, bay leaf/daun salam/daun jeruk, dan air ke dalam panci. jerangkan panci di atas api sedang tanpa di tutup.
  3. ikuti langkah pada step 4 - 5 di resep atas.


Resep 3.

KALDU AYAM


Bahan:
Sama seperti resep di atas namun gantilah dengan 600gr tulang ayam. tulang ya tulang bukan ceker ayam ^^.

How to cook:
Sebelum dimasak untuk kaldu, buang kulit ayam. bisa juga menggunakan paha ayam yang telah dibuang kulitnya, kemudian potong 5 cm bersama tulangnya.
jika kalian memanfaatkan tulang punggung atau paha ayam, cukup gunakan 300gr.
langkah membuatnya sama seperti resep di atas ya.


Resep.4

KALDU SAPI

Untuk bahan sama seperti resep terdahulu tapi silahkan ganti dengan 300gr daging sapi tanpa gajih, misalnya daging paha atau has dalam dan jangan lupa untuk di potong 2 - 3 bagian ya.

Cara membuatnya juga sama ya teman ^^


Gimana? mudah bukan membuat MSG Alami sendiri?
hayu atuh ah hidup sehat ya...

Eh iya, saya masih ada tips lagi nih khususnya buat temenku  ayu - chan XD.

Sebenernya kan kaldu alami itu baik tapi bila memanfaatkannya salah ya bisa jadi salah juga. makanya setelah membuat kaldu alami ini baca tips saya memanfaatkan kaldu alami ya pada postingan berikutnya.



Semoga Bermanfaat




Source.
Buku Super Lengkap - Makan bayi sehat alami karya Wied Harry Apriadji keluaran Pustaka Bunda.
Buat temen - temen yang mau order langsung buku kece ini bisa hub. PT. Niaga Swadaya (021) 4204402 atau melalui email. telemarketing@niagaswadaya.co.id. Jangan lupa cantumin link ini ya ^^.
7 comments on "RESEP MPASI: Cara Membuat Kaldu Alami"
  1. Mbak bikin kaldu ayam nya bisa pake ayam utuh kah? Thank you :)

    ReplyDelete
  2. Mbak, kepala ayam jg digunakan u/ kaldu?

    ReplyDelete
  3. Mom..saat membuat kaldu sayuran.. Kentang ama wortelnya bs dimanfaatkan?

    ReplyDelete
  4. Kentang sm wortelnya dikupas bisa mom, apa mmg hrs sm kulitnya ya?

    ReplyDelete

Mohon maaf komentar di moderasi ya, biar gak ada yang nyampah ^^