Persiapan MPASI (Makanan Pendamping ASI)

|
Wednesday, July 17, 2013
| 3 Comments
Sengaja nulis ini buat sebagai pengingat aja dan pengen dicicil sih dari sekarang. Walaupun masih 3 bulan lagi Hana – Chan berusia 6 bulan, gak da salahnya dong mempersiapkan sejak dini #heheh#

3 bulan dari sekarang Hana – Chan berusia 6 bulan, yah awal memulai Makanan Pendamping ASI atau singkatnya MPASI. Sebenernya sih pengennya sedari awal membeli semua perlengkapan MPASI.Tapi, berhubung dana dipake buat kebutuhan yang lain, jadi aja di sisihkan dulu. Padahal penting lohhh.. mengingat harga semua kebutuhan naik gegara BBM naek. Memang penyesalan selalu datang terlambat. Maka dari itu saya mau mencicilnya dari sekarang.



Menurut Buku  “MPASI PERDANA CIHUY!” karangan emak kece dian dan emak kece yudith yang saya baca dan beberapa milis emak” lainnya. Ada beberapa  “alat perang” yang wajib dibeli/punya. Apa aja sih, penasaran?

tapi… eitss jangan buru” scroll kebawah terlebih dahulu yahh sebenernya barang” dibawah gak seharusnya di beli semua kok. klo dana terbatas macem saya, masih bisa mengakali-nya asal semua peralatannya steril dan juga bersih jadi gak harus mahal kan :P


Oke, lanjut lagi,.. jadi dibawah ini adalah “alat perang” emak” kece nan cantik untuk persiapan MPASI sang buah hati tercinta:







Panci kecil, sutil, Teflon, pisau dan talenan baru
Barang wajib pertama punya, kenapa yang ini harus baru?, supaya pas masak makanan bayi gak tercermar sama makanan kita. gak mungkin dong pas kita masak rendang eh terus masak bubur bayi taunya buburnya jadi berasa rendang XD




Set Blender (lengkap dengan blender jar, chopper, dan dry mill)
Ini sedap banget, terutama kalau nanti anaknya uda beranjak besar, bisa untuk membantu proses penyiapan makanan. Sayangnya, klo buat awal” MPASI cuman buat ngotorin blender karena makanan yang diproses cuman sedikit.





Slow Cooker eletrik
Buat para ibu, ini peralatan masak yang turun dari surga buat kita.. #hehehe#. Super praktis banget untuk masak karena bisa di tinggal”. Masaknya pun secara perlahan minimal 4 jam, dan hasilnya pasti lebih nikmat.






Baby Food Warmer + strelizer
Sebenernya alat ini gak begitu penting, mengingat fungsinya sama seperti rice cooker dirumah kita. Jadi buat yang berlebih dan menggunakan sufor monggo di beli, tapi buat yang pas”an macem saya, mending pake rice cooker aja drumah. Irit!






Baby cubes/freezer pods
Fungsinya buat nyimpen stok makanan, penting!






Ice Cube Tray
Fungsinya buat nyimpen dan membekukan kaldu buatan rumah. Bisa di beli di supermarket” terdekat. Tapi yang ada tutupnya yah.






Botol bersendok dari bahan polypropilen
Botol lembut ada sendoknya, praktis, anti berantakan dan ada ukurannya. Yang perlu diperhatikan adalah saat mencucinya, terutama bagian saluran sendok. Karena apabila masih terdapat sisa” makanan maka bisa jadi sarang jamur tuh.. ishh seremmm….





Mini Blender/Hand Blender
Alat ini lebih fleksibel daripada blender konvensional terlebih pisonya ada banyak macemnya. Hmm.. saran saya sih gak terlalu penting buat beli ini, pake yang ada aja, kecuali emang sering berpergian.







Homemade baby Food Maker
Perangkat yang paling efisien; sendok, ulekan, mangkuk penggiles, mangkuk kecil, mangkuk agak besar, perasan buah jeruk dan parutan sederhana plus saringannya!. Tapi ada kekurangannya, kapasitasnya hanya untuk sekali makan saja. Saran saya sih buat yang budgetnya pas”an mending jangan beli ini. Palingan yang wajib cuman: perasan buah jeruk, parutan dan saringan, kalau ini kan bisa beli dipasar dengan harga terjangkau :P






Plastik Cling Wrap
Guna buat nutupin bahan makanan terutama daging giling atau bisa membungkus sayur dan buah supaya lebih segar. Tapi berhubung saya males bungkus membungkus mending skip aja beli ini. #hahay#



Hmm.. kalau melihat daftar diatas bisa keluar budget berkisar antara sejutaan lebih, dengan catatan daftar barang diatas dibeli semuanya. Tapi buat yang mau ngakalin macem ibu” seperti saya, mungkin bisa ambil daftar barang ke 1 – 3, 5 – 7, sama perasan jeruk, parutan dan saringan deh.

So far, barang yang udah dibeli sih baru slow cooker, bip sama botol bersendok. Niatnya dari sekarang dicicil perlahan biar gak gtu berasa pengeluarannya. >.<

Gak mahal kan buat bikin MPASI Rumahan? Asal ada niat aja, kata emak kece yang bikin buku “MPASI PERDANA CIHUY!” memasak makanan bayi tidak sesulit membuat rendang. Hanya tinggal kukus, potong, kupas, rebus, panggang, haluskan.

Sayang anak sayang anak, jangan termakan iklan bubur bayi instan ah.. gak baik untuk pertumbuhan serta perkembangannya.

Semoga tulisan ini bermanfaat buat emak” seperti saya… >.<



Selamat tidur, dan beberapa saat lagi kita sahur. Tapi enaknya saya, berhubung bayi masih dibawah 6 bulan masih gak puasa deh #bohahahaha# yukz mareee....



note: all picture i take from "mba google"
3 comments on "Persiapan MPASI (Makanan Pendamping ASI)"
  1. jd inget wkt anak sy mengenal MPASI serasa py eksperimen :D

    ReplyDelete
  2. Halo.. mau kasih info aja ya.. Jika butuh Dus Makanan bisa kunjungi kami Greenpack. Trims.. :)

    ReplyDelete
  3. Wahhh, barusan blogwalk dan ketemu review buku Mamah! Terimakasih ya sudah membeli bukunya komunitas Mamaku Koki Handal - MPASI Rumahan, semoga sehat dan hepi selalu untuk anak manis!

    ReplyDelete

Mohon maaf komentar di moderasi ya, biar gak ada yang nyampah ^^