Top Social

Serunya Menikmati Konser Musik L'Arc - en - Ciel World Tour 2012, Jakarta

|
Tuesday, June 25, 2013
| 3 Comments
Yume wo egaku yo.. 
Yume wo egaku yo... 
Yume wo egaku yo... 
My heart draws a dream....

(Menggambar sebuah mimpi..) 
(Menggambar sebuah mimpi...) 
(Menggambar sebuah mimpi...) 
(Hatiku menggambar sebuah mimpi...) 

Tanpa sengaja melihat
video L'Arc - en - ciel di youtube, saat cielers nyanyi bareng L'arc  pas konser mereka di Indonesia tepatnya di Jakarta. jadi keingetan lagi tanggal bersejarah itu...

Sebenernya peristiwa ini udah setaun yang lalu, tepatnya tanggal 2 Mei 2012. Ya.. 2 Mei.. bisa di bilang hari itu hari bersejarah dan tak terlupakan bagi saya dan juga mungkin bagi cielers (sebutan untuk fans L’arc – en – Ciel)  Indonesia. Karena pada tanggal tersebut, akhirnya mereka memutuskan untuk konser di Indonesia. Saya? Seneng banget pastinya waktu denger mereka seriusan mau datang ke sini. gimana gak seneng, dari mereka terbentuk sampe sebelum tahun 2012, mereka gak pernah tuh ngadain konser musiknya di Indonesia. Dan Akhirnya tahun 2012.. mereka datang .. setelah penantian panjang selama 25 tahun !


credit

Saya inget banget waktu itu, sekitaran bulan januari 2012 mereka ngumumin di website resmi-nya bahwa mereka bakalan ngadain konser musik di Indonesia, Jakarta. Tempatnya di Lapangan D senayan. Pas liat beritanya, saya kucek – kucek mata terus minta mama buat nyubit pipi saya, serasa mimpi, tapi ternyata beneran!. mereka beneran mau dateng ke Indonesia. Saya buru – buru cek informasi gimana cara dapetin tiketnya. pas tau,  langsung pantengin deh kapan tanggal pembelian tiketnya di jual. 

Setelah di umumin kapan tuh tiket bakalan di jual, saya jadi H2C alias harap – harap cemas. kenapa? Soalnya ternyata tiket pre-sale nya aja udah kejual kurang lebih 1000 tiket untuk VIP. Astaggaaaaa… langsung lemes saya dibuatnya. Tiket pre –salenya aja laku keras, gimana nanti?. ini sih gara – gara saya telat dapet informasi tentang penjualan tiket pre – sale jadi aja kaya gini. Tapi, demi ngeliat langsung mas – mas ganteng itu #di keplak# maksudnya mas Hyde cs gitu plus mau dengerin juga mereka live konser musiknya gimana, bagaimana-pun caranya saya harus dapet tuh tiket!

Maka, dimulailah perburuan tiket saya. Sejujurnya, saya pengen banget beli tiket yang kelas VIP. Untuk masalah dana, bodo deh masih bisa di usahain, kata saya dalam hati. tapi ada satu insiden bodoh yang bikin nyebelin, pelakunya sih ya saya #hehe#. Jadi gini, pas  diumumkan kalau tuh tiket uda bisa di beli di tempat – tempat yang di tunjuk oleh EO –nya, termasuk via online. Saya yang lagi males keluar rumah akhirnya jadi memutuskan buat beli via online aja, toh sama aja pikir saya. Asal nih jari bisa secepat kilat buat pencet – pencet tuh tombol pembelian karena pasti nantinya bakalan perebutan. Namun, kejadian gak enak pun terjadi. Tiba – tiba website penjualan tiket itu sempet down berkali – kali, saya udah pencet tombol pembelian dengan cepat. Eh, begitu mau bayar error, terus – terusan seperti itu. Kecil harapan saya bisa membeli tiket yang VIP. Kemudian setelah beberapa saat websitenya normal kembali, dan benar perasaan saya gak enak, ternyata tiket yang VIP udah sold out alias udah abis terjual dalam hitungan detik. Sedih bukan main, tapi pas liat kelas PREMIUM yang masih setara dengan kelas VIP, cuma beda di masuk duluan sama di kasih merchandise. Ternyata masih ada sisa. secepat kilat jari – jari saya memencet tombol pembelian, dan akhirnya kebeli juga. Tapi… kok Cuma  1 yang kebeli, padahal suami saya juga mau ikutan. BODOHNYA SAYA…


Demi mendapatkan 1 tiket lagi buat suami saya, saat itu juga saya teleponin  tempat – tempat yang masih menjual tiket konser musik L’Arc – en – Ciel tersebut, bahkan saya teleponnya sampe ke bandung segala loh. Miris… ternyata semua tiketnya  udah sold out.  Sedih bukan main,”gimana nih...masa kesana sendiri?”  Pikir saya. Memang sih teman – teman komunitas juga dateng dan pasti ketemuan disana. Tapi masa iya suami gak ikutan. Waktu itu panik bukan main, grasak grusuk tanpa sebab yang jelas, mondar mandir kesana kemari. Terus dapet kabar bahagia, ternyata ada salah satu tempat yang tiketnya masih sisa, langsung deh ngacir kesana secepat badai. Sesampainya di tempat itu, lagi – lagi kalah cepat. Tiket PREMIUM udah abis!.. Hati ini makin galau #lebay# udah jauh – jauh dateng dari Depok ke daerah Cilandak yang penuh dengan kemacetan kota, udah basah kuyup juga gara – gara keringetan bawa motor, taunya abis…Malang sekali nasib saya T___T.

Gak bisa berkata apa – apa lagi, pengorbanan yang sia – sia menurut saya waktu itu. Mungkin memang udah rejeki –nya kali yah, mendadak di telepon sama tempat yang udah saya bela – belain dateng, di kasih kabar kalau ternyata masih ada tiket PREMIUM. tapi baru bisa di beli keesokkan harinya kata mba – mba yang telepon saya dengan nada ramah itu. Saya menghela nafas lega, yah setidaknya pengorbanan saya gak sia – sia deh, gak apa besok dateng kesana lagi asal dapet tuh tiketnya.

Hari yang dinanti pun tiba, tanggal 2 Mei 2012. Saya uda mempersiapkan segalanya; 2 tiket PREMIUM di tangan, kaos L’arc uda dipakai, serta artribut – atribut yang lain juga uda oke. Sayangnya, suami mendadak gak bisa ikutan, kecewa sih yah mau gimana lagi. akhirnya saya mengajak teman buat gantiin suami untuk nemenin saya datang ke konser musik tersebut. Kebetulan saat itu status saya masih mahasiswi, dan pas banget lagi masa – masa UTS, mau gak mau  saya ngikutin ujian dulu deh. Padahal konsetrasi udah kepecah banget. Hati tuh uda ada di Lapangan D senayan deh. Gak sabar pengen secepatnya ngacir kesana. Begitu UTS selesai, langsung capcus deh kita dan pake ojeg pula, biar cepat secepat kilat.

Sampai di sana kira – kira kurang lebih  jam 4 sore, karena katanya open gate-nya pas jam 4. wahh… massa dari cielers tumplek semua di sini. Mulai dari cielers Jakarta, bandung, semarang, jogya, seluruh pulau jawa deh pokoknya dan bahkan sampai Kalimantan – pun ada. Dari anak – anak ABG, ibu – ibu menyusui sampe Ibu Hamil – pun dateng ke konser musik L’arc – en – Ciel ini. Konon katanya yang datang itu menembus angka 10.000 orang bahkan lebih, kebayang gak lapangan D senayan itu kan kecil. Asli sumpek dan padet banget. Tapi peduli amat, yang penting bisa liat mereka konser di sini #hehe#. 



Jam 4 lebih gate baru dibuka, dan penonton udah ngantri berjejalan gak jelas di depan pintu gerbang utama. Begitu di buka, beuh.. mulai deh aksi dorong – dorongan, desek – desekan, nyium bau tak sedap pula dan hampir pingsan tak ter-elakan. Kalau bukan karena L’arc – en – Ciel yang konser, saya gak akan mau tuh bela – belain kaya gini. Udah mana di depan gerbang pintu utamanya kaya ikan teri dalam kaleng. Eh, pas masuk ke dalem ngantri lagi bak lagi main ular tangga. Karena ngantrinya bener – bener kaya ular, muter – muter. Soalnya di pisahin sih pintu masuk kelas VIP, Premium dan Reguler. Ditambah lagi harga makanan dan minuman di sini yang udah pada mau pergi haji semua, bayangin aja masa air mineral aja 20 rebu!

Setelah penuh perjuangan dan susah payah buat masuk ke dalam tempat konsernya yang berupa lapangan hijau terbentang luas, secara tiba – tiba di sulap menjadi lautan manusia. Eh, malah di PHP – in (dikasih harapan palsu gitu deh) sama panitianya. Acara yang seharusnya mulai jam 7 malam, ini sampe jam 8 kurang belom mulai – mulai juga. Biasa sih sesungguhnya karena kita kan di Indonesia bukan di jepang #haha#. Penonton pun dibuat galau, gundah gulana, tak terkecuali saya. Udah mana dehidrasi, gak ada minuman. secara sama penjaga pintunya, air mineral yang saya beli 20 rebu itu di rebut dan dibuang dengan percuma, katanya gak boleh bawa minuman ke dalem plus kamera.  Sungguh menyebalkan!



Tepat jam 8 malam, panggung menjadi terang benderang, lampu – lampu menyala bersilauan. Cielers yang tadinya udah 3L (Letih, Lelah, Lesu) termasuk saya,  langsung berdiri dan mulai berdesak – desakan untuk dapat melihat langsung L’arc – en – Ciel. Pas musik opening di mulai. Kami, seluruh cielers berteriak – teriak sambil memanggil nama – nama personil mereka. Merinding bukan main saat satu per satu personilnya menampakkan diri. Semua cielers teriak histeris. Kemudian lagu pertama-pun bergeming di telinga saya dan juga cielers lainnya.



Sebelumnya saya telah di bagikan pamphlet dari komunitas cielers Indonesia baik melalui online di group maupun saat saya tiba di sana. Di pamphlet tersebut dikasih petunjuk gimana cara asik buat nikmati konser musik L’arc – en – Ciel. Dan bener loh kita kompak banget ngikutin semua petunjuk yang ada di pamphlet tersebut. Dari yang mulai nyanyi bareng dari awal sampe akhir sampe membuat suara serak tak terkira, lompat – lompatan  bareng pas lagu seventh heaven, teriak – teriakan bareng, bahkan nangis juga barengan #hahay#.


Yang bikin merinding adalah momen dimana saat mereka menyanyikan lagu  ANATA, tanpa diduga turun hujan rintik – rintik, membuat saya makin galau. Entah memang manggil pawang ujan buat nurunin ujan di tengah konser berlangsung atau memang lagi beruntung aja. Yang pasti saya dan juga cielers yang ada di sana nyanyi bareng, bermellow – mellow ria diiringi rintikan hujan yang turun. gak peduli kalau ada yang bau – bau tak sedap semilir berseliweran, gak peduli juga uda se-pegal apa nih kaki sampe berdiri jinjit – jinjit karena panggungnya yang tidak terlalu tinggi, di tambah didepan saya lelaki berbadan kekar plus jangkung menghalangi jarak pandang saya ke panggung. Pokoknya SAYA TIDAK PEDULI, asal bisa menikmati konser musik mereka.

Owya, satu hal lagi yang bikin nih momen tak terlupakan. Di sela – sela mereka konser, hyde sang vokalis menyapa cielers Indonesia menggunakan bahasa Indonesia yang menurut saya lucu banget. terus yah, si ken gitarisnya, memberikan oleh – oleh untuk hyde tersayang #upss# yang dengan bangga katanya baru di beli dari Pasar Raya. Oleh - olehnya berupa angklung, wayang golek, suling, serta petasan ala Indonesia kemudian mereka langsung deh tuh mainin yang tak ayal membuat kami, cielers Indonesia ngakak di buatnya. Terlebih si ken, membuat pernyataan  bahwa pengen banget berenang ditemani oleh cewek – cewek berbikini seksi  dengan intonasi pelafasan bahasa Indonesia yang seadanya. Dan ditambah lagi tetsu, bassist –nya yang membagi – bagikan pisang dan lollypop kemudian berbicara: “Mau pisang gue? Mau jilat lollypop gue?”, dibalaslah dengan kami sambil tertawa terbahak-bahak “MAUUUUUUUUUUUUUUU…”. Untungnya sih gak da yg keselek :P.

Sepanjang konser musik itu berlangsung, haru biru menghiasi perasaan saya, dimulai dari kelelahan mau pingsan karena kurang oksigen dan juga air sampai di desek – desek dan sempet kesel karena kaki saya keinjek sama cielers yang lain. Tapi untungnya cielers Indonesia kompak banget, begitu ada yang dehidrasi langsung oper - operan air mineral walau gak tau tuh air dapet darimana, keren abis deh pokoknya.

Kalau mengutip perkataan Ken saat konsernya: "MAN...MAN... TAP... TAP... TAP..."



Yah, begitulah gimana serunya saat saya menonton konser musik L’arc – en – Ciel yang udah berkorban sampe jiwa raga, fisik maupun mental serta duit tentunya #lebay#. Tapi,  bagi saya konser tersebut tak akan terlupakan seumur hidup, beneran gak akan pernah move on deh dari tanggal 2 Mei 2012. 

Terimakasih L'Arc - en - Ciel, kapan - kapan konser lagi di Indonesia ya ;)




Inilah cara saya menikmati musik yang asik; berjejalan ,ngantri, keujanan, hampir pingsan. Tapi, semua itu terbayarkan dengan menikmati konser musik L’arc – en – Ciel dari awal hingga akhir dengan kebersamaan cielers yang lain dari seluruh Indonesia. bagaimana dengan kamu?





Tulisan ini ikut serta dalam lomba blog musik asik yang diselenggarakan oleh KEB ( Kumpulan Emak Emak Blogger) dan kerja sama dengan Langit musik.










3 comments on "Serunya Menikmati Konser Musik L'Arc - en - Ciel World Tour 2012, Jakarta"
  1. Selamat malam sahabat, trimakasih sudah berpartisipasi di dalam lomba menulis blog “Musik Yang Asyik” ya.
    Sukses selalu untukmu dan kita semua. Juri visited. Saleum. ☺

    ReplyDelete
  2. Hi.. udah tau belum soal larc en ciel next world tour voter? Ikutan Vote ya di link ini, vote kita akan bawa balik lagi larc en ciel buat konser di jakarta...

    http://www.larc-en-ciel.com/voter/

    ReplyDelete

Mohon maaf komentar di moderasi ya, biar gak ada yang nyampah ^^